Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

CSR & SMEPP Pertamina Bantu Permodalan 128 Petani Kentang di Garut

0 124

JAKARTA,PenaMerdeka – PT Pertamina (Persero) bukan hanya konsen untuk menyediakan energi untuk negeri. Untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian petani melalui Program CSR & SMEPP Pertamina memberikan kemudahan bantuan permodalan petani di Garut, Jawa Barat.

Program diberikan kepada petani kentang yang memiliki komitmen kerja keras dan mempunyai lahan terbatas milik sendiri dan sewayang.

Menurut Vice President CSR & SMEPP Pertamina, Agus Mashud pihaknya akan menyalurkan dana program kemitraan senilai Rp 7,4 miliar kepada 128 petani kentang di Garut ini pada masa tanam 2017.

Disebutkan Agus, program dimaksudkan untuk memperkuat kemampuan teknis dan pengalaman panjang para petani kentang yang selama ini didukung oleh Koperasi LDH Mustika Hutan.

“Bantuan permodalan dari program yang digelontorkan CSR & SMEPP Pertamina ini akan menjadi kunci keberhasilan Program Kemitraan Pertamina di Garut karena bermanfaat besar bagi upaya mendukung langkah pemerintah mewujudkan swasembada pangan di Indonesia,”katanya.

Lebih jauh kata Agus Mashud, Koperasi LDH Mustika Hutan bertindak sebagai pendamping petani sekaligus sebagai penyedia bibit dan pupuk serta memastikan bahwa aktivitas sehari-hari para petani melaksanakan proses pertanian secara modern dan unggul.

Untuk menjaga kontiniutas, pertamina berharap kepercayaan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal sehingga dapat mengembalikan modal bergulir dengan tepat waktu.

“Kedepan program CSR & SMEPP Pertamina tersebut dapat terus digulirkan untuk petani lain yang sangat membutuhkan. Terima kasih kepada Koperasi LDH Mustika Hutan Garut dan Manajemen PTPN XII yang telah bekerja keras dan melakukan partnership dengan sangat baik untuk Program Kemitraan ini.”

Selain itu, pola Program Kemitraan clustering seperti yang diterapkan pada petani kentang tersebut telah dilaksanakan juga dengan petani tebu melalui sinergi BUMN dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia dan PT.Perkebunan Nusantara IX, serta petani kopi dengan PT.Perkebunan Nusantara XII.

Awal Juni lalu, telah dilaksanakan penyaluran dana kemitraan PT Pertamina (Persero) kepada PT Perkebunan Nusantara XII untuk petani tebu masa tanam 2017 untuk 297 petani kopi, senilai Rp 14 miliar.

Dalam penandatangan kerjasama kemitraan ini, pimpinan Koperasi LDH Mustika Hutan, Zamzam Nurzaman mengungkapkan hasil panen kentang dari para petani nantinya akan ditampung oleh koperasi sebagai off taker.

Nurzaman mengatakan, sebelum ada program CSR & SMEPP Pertamina, koperasi telah melakukan perjanjian kerjasama jualbeli kentang dengan para produsen makanan berbasis kentang.

Dalam jangka waktu 6 bulan Program Kemitraan akan berakhir dengan dibayarnya dana bergulir tersebut dari para petani, dan digulirkan kembali untuk masa tanam berikutnya.

“Melalui bantuan CSR & SMEPP Pertamina, kami berharap petani dapat meningkat kesejahteraannya, mempunyai modal untuk menjadi petani kentang, mendapatkan harga jual kentang yang lebih tinggi, serta terlepas dari sistem ijon,” ujarnya. (puji RH)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...