Gubernur Teken MoU Revitalisasi Banten Lama

0 323

SERANG,PenaMerdeka – Pemerintah Provinsi Banten melakukan kesepakatan tentang penataan atau revitalisasi Banten Lama, dengan Pemkot dan Pemkab Serang. Kesepakatan terkait hal itu diresmikan dengan penandatanganan draft MoU atau nota kesepahaman tentang Penataan Kawasan Wisata oleh gubernur Banten Wahidin Halim, Walikota Serang Tb Haerul Jaman dan Bupati Serang Rt Tatu Chasanah.

Ketiganya melakukan penandatanganan MoU usai saat apel kegiatan Gerakan Banten Bebersih di Alun-alun Masjid Banten Lama, Kasemen, Kota Serang, Jumat (21/7).

Dalam sambutannya, Gubernur menyayangkan kondisi dan citra Banten Lama selama ini di tengah masyarakat, Baik Banten maupun wisatawan dari luar daerah.

“Banten Lama itu kumuh, Jorok, kotor. Mulai hari ini, tidak ada lagi kesan seperti itu. Kita revitalisasi Banten Lama,” kata Gubernur dengan nada tinggi.

Gubernur berharap kegiatan bersih-bersih lingkungan secara bersama-sama di Banten Bebersih yang hari itu sedikitnya digelar di 11 titik di Kota Serang, termasuk di kawasan Banten Lama, bisa menjadi momentum atau tanda dimulainya kerja penataan Banten Lama dan Kota Serang sebagai ibukota Provinsi.

“Jadi bukan Cuma hari ini kita akan bersih-bersih seperti ini, tapi untuk seterusnya. Masing-masing pemerintah daerah bisa mengagendakan kegiatan bersih-bersih di lingkungan dan daerahnya setiap hari Jumat seperti sekarang ini,” kata Gubernur lagi.

Lebih jauh, Gubernur menegaskan, kehadiran pemprov dalam penataan atau revitalisasi Banten Lama tidak dalam upaya untuk menguasai pengelolaan kawasan. Sebagaimana tertuang didalam MoU, lanjutnya, kehadiran pemprov adalah sebagai inisiator dan fasilitator penataan kawasan ini.

“Kami sifatnya hanya membantu sesuai kewenangan kami, termasuk membantu anggaran jika memang diperlukan. Jadi saya dan Pak Andika (Wakil Gubernur Andika Hazrumy datang ke sini bukan untuk menguasai. Jadi kami akan maju terus kalaupun ada yang menghalangi,” paparnya.

Usai apel, Gubernur didampingi Wagub juga menyempatkan diri meninjau kawasan revitalisasi Banten Lama. Sepanjang rute peninjauan keduanya yakni diantaranya melintasi kawasan pasar, terminal, dan situs Keraton Surosowan, memang tampak kumuh. (eres)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...