Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Bank Banten & Bapenda Teken MoU Akses Layanan Pajak

88

KOTA SERANG,PenaMerdeka – Mempermudah pelayanan pajak kepada masyarakat Bank Banten menandatangani perjanian kerja sama dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten.

Kerja sama yang ditandatangani antara Dirut Bank Banten dan Kepala Bapenda Provinsi Banten adalah terkait penerimaan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Pajak Air Permukaan dan sejumlah pajak lainnya.

Fahmi Bagus Mahesa Dirut Bank Banten menjelaskan, kerja sama tersebut bertujuan untuk mempermudah pelayanan pajak di Bapenda melalui sistem perbankan.

“Para wajib pajak semakin dimudahkan dalam memenuhi kewajibannya, karena pembayaran dapat dilakukan secara non tunai. Channel yang bisa digunakan adalah pembayaran menggunakan kartu ATM Bank Banten dan bisa juga melalui mesin Electronic Data Capture (EDC,red) yang tersedia di UPT Samsat maupun di gerai-gerai Samsat yang ada di Wilayah Banten,” papar Fahmi, Rabu (26/9/2018).

Selain itu, kata Fahmi, Bank Banten selalu melakukan koordinasi terkait kerja sama pelayanan pajak seperti untuk pembayaran PKB dan BBNKB secara berkala atau insidentil dengan tim pembina Samsat Provinsi Banten.

“Harapan kami, kami berterimakasih kepada Bapenda Provinsi Banten atas kerja sama yang sudah berjalan terus menjadi acuan pengembangan transaksi pembayaran,” ujarnya.

Hingga September 2018, kata Fahmi Bank Banten telah memiliki 26 kantor cabang, 10 kantor cabang pembantu, 4 kantor kas, 11 Payment Point, 142 ATM, dan 5 Smartvan yang melayani nasabah di Banten dan kota besar di seluruh Indonesia.

Opar Sohari Kepala Bapenda Provinsi Banten bahwa kerjasama yang dilakukan antara pihaknya dan bank pembangunan daerah untuk transaksi pelayanan pajak, penerimaan daerah, setoran, dan retribusi daerah merupakan langkah strategis dan sinergis.

Sebelumnya, Bapenda lewat Samsat yang berada di wilayah Banten telah mengakomodir pembayaran kasir Bank Banten.

“Pelayanan pajak dan lainnya yang menggunakan jasa Bank Banten merupakan langkah taktis manajemen antara Bapenda dan Bank Banten. Sebab, kepentingan dan kebutuhan masyarakat soal transaksi pembayaran bisa cepat,” ucap Opar ditemui wartawan.

Lebih jauh kata dia, ada beberapa fitur yang saat ini bisa membantu proses pembayaran dan pelayanan pajak masyarakat karena lebih simple. Apalagi Bank Banten akan fokus bekerja di Banten.

“Fitur proses fasilitas pembayaran yang lebih cepat akan mendongkrak wajib pajak. Dan ini menguntungkan buat Pemprov supaya target capaian pendapatan bisa terus terealisasi,” tandasnya. (abdul)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...