Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Ahok Enggan Hadiri Sidang Buni Yani

0 41

Sidang Buni Yani tidak Hadir

BANDUNG,PenaMerdeka – Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tidak bersedia hadir di sidang Buni Yani, lanjutan perkara pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan terdakwa Buni Yani pada Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung, Jalan Seram, Selasa (8/8/2017).

Kepastian ketidak hadirannya Ahok yang juga sebagai terpidana kasus penistaan agama itu disampaikan Ketua Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Depok Andi M Taufik pada Selasa (8/8).

Andi menjelaskan, pihaknya menerima surat dari Ahok yang menyatakan bahwa dia tidak bersedia hadir sebagai saksi di sidang Buni Yani. Namun tetapi, pihak Lapas Cipinang pun menyatakan keberatan dan tak mengizinkan Ahok untuk datang ke persidangan tersebut sebagai saksi.

“JPU memutuskan hanya akan memohon kepada majelis hakim untuk membacakan keterangan yang disampaikan Ahok dalam berita acara pemeriksaan (BAP). Dikarnakan tidak bersedianya beliau,” tutur Andi.

BAP Ahok ini sama saja nilainya meskipun saat momen ini yang bersangkutan tidak hadir. Sebab saat diberikan keterangan dalam BAP, Ahok Sudah disumpah.

Pendapat Andi, jika majelis hakim menerima dan tak keberatan dengan keterangan Ahok dalam BAP. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun tidak perlu dihadirkan lagi di persidangan.

“Dalam persidangannya yang kali ini kami ¬†akan siap menghadirkan dua saksi ahli, yakni ahli pidana Effendi dan ahli IT (information technology) Teguh,” tambahnya.

Seperti diketahui, perkara pelanggaran UU ITE dengan terdakwa Buni sudab memasuki sidang kedelapan. Seperti sidang sebelumnya, pada kali ini belasan orang dari Aliansi Pergerakan Islam (API) melakukan aksi di depan Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung. Mereka datang dengan membawa pengeras suara, spanduk, dan bendera saat sidang Buni Yani berlangsung. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...