Zulfikar Demokrat

Hindari Korupsi WH sebut Kenaikan Gaji Anggota DPRD Banten Tepat

0

BANTEN,PenaMerdeka – Wahidin Halim, Gubernur Banten soal kenaikan gaji anggota DPRD Banten hingga ke lingkup pimpinan sampai senilai tiga kali lipat disebut wajar. Sebab dikatakannya sebagai legislator tentu banyak mengeluarkan dana supaya juga menghindari prilaku korupsi.

“Saya merasakan karena pernah menjadi anggota dewan (Wakil Ketua Komisi II DPR RI-red),” kata pria yang kerap disapa WH setelah rapat paripurna kepada wartawan, di Kota Serang, Selasa (29/8) kemarin.

Wahidin mengatakan sebagai anggota dewan, mereka punya konstituen yang begitu banyak. Begitu juga sebagai wakil rakyat sangat lumrah dan tepat jika anggaran untuk gaji anggota DPRD Banten naik.

“Saya sudah mengalami sendiri, sebagai wakil rakyat tentu selalu mendengar setiap rakyat datang melaporkan tentang sesuatu. Nah, di sini diperlukan dana untuk membantu rakyat,” ungkap Wahidin.

Jadi, kata Wahidin, jangan dilihat besarnya uang yang diterima saat kenaikan gaji pimpinan DPRD dan anggotanya. Tapi alangkah baiknya jika dilihat juga soal pengeluaran yang mereka lakukan.

“Pengeluaran dana yang banyak dari setiap anggota dewan untuk mencegah agar jangan mencari uang dengan cara yang dilarang dari UU. Jadi kenaikan gaji anggota DPRD ini bagus agar tidak lagi berpikir mencari celah untuk korupsi,” ucap WH.

Pada Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan Tentang Persetujan DPRD Terhadap Rancangan Peraturan Daerah Usul Gubernur Tentang Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Banten telah disetujui menjadi Peraturan Daerah.

Dalam rapat tersebut, Gubernur bersama pimpinan dewan menandatangi berita acara persetujuan dari Raperda menjadi Perda.

Gubernur mengatakan Raperda tentang Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD Banten yang merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif pimpinan dan Anggota DPRD.

Peraturan Pemerintah (PP) ini mengatur penyesuaian pendapatan atau gaji anggota DPRD berdasarkan kemampuan Keuangan Daerah. (eres)

Puji Rahman Hakim Perindo
Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

in non lectus risus. libero elit. libero. venenatis, accumsan quis, tristique Praesent