Pena Merdeka
Tampil Beda Berani Mengupas Tuntas

Germas di Lebak, Bupati Gandeng Lintas Sektor Pacu Prilaku Hidup Sehat

0
Hidup Sehat Germas
Bupati Lebak, Iti Jayabaya bersama jajarannya dan Dinkes Provinsi Banten saat launching gerakan masyarakat berperilaku hidup sehat (Germas)

KABUPATEN LEBAK,PenaMerdeka – Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku menjadi tagline program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di Kabupaten Lebak, Banten, digelar sekaligus juga Memperingati Hari Kesehatan Nasional 2017 yang ke-53, menargetkan agar masyarakat bisa berprilaku hidup sehat.

Acara yang dilaksanakan di Alun-alun Kota Rangkasbitung, Lebak, pada Minggu (12/11/17) turut dihadiri Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya yang diberikan kepercayaan melepas peserta yang mengikuti rangkaian sejumlah perlombaan Germas.

Bupati Iti mengatakan, faktor kesehatan bagi masyarakat sejatinya bisa menjadi ukuran menentukan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Artinya prilaku hidup sehat menjadi acuan untuk mencapai IPM.

“Apalagi sehat juga salah satu hak dasar manusia, juga salah satu faktor yang sangat menentukan dalam pengembangan sumber daya manusia untuk memajukan sektor pendidikan dan ekonomi,” ucapnya didampingi Wakil Bupati Lebak H. Ade Sumardi.
.
Maka iti kata Bupati Iti menegaskan, dengan Germas kita mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program supaya mewujudkan masyarakat berprilaku hidup dengan pola yang sehat, sebab akhirnya bisa menciptakan SDM bagus sehingga kedepan membentuk Bangsa Indonesia menjadi kuat.

Lebih lanjut bupati menjelaskan, upaya mendorong program Indonesia Sehat, pendekatan keluarga dan adanya gerakan masyarakat sehat sesuai dengan program nawacita ke-5. Ia kembali menegaskan, Hidup sehat memacu meningkatkan kualitas hidup manusia.

“Pemerintah sudah berusaha membangun kemandirian keluarga dengan upaya promotif dan preventif. Targetnya untuk memacu peningkatan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya sesuai dengan program unggulan Kabupaten Lebak yaitu Lebak Cerdas, Lebak Sehat dan Lebak Sejahtera,” tegas Bupati.

Dengan target itu Bupati mengajak supaya semua unsur bisa mensukseskan program Indonesia sehat. Dan itu harus mulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga.

Diketahui, Acara Germas adalah program agar masyarakat dapat berprilaku hidup sehat. Dalam kesempatan ini ribuan warga Kabupaten Lebak terlihat antusias karena juga dimeriahkan sejumlah acara menarik seperti senam bersama, makan buah bersama, jalan santai, pemberian hadiah doorprize berupa sepeda dan hiburan live musik. (advertorial)