Tampil Beda Berani Mengupas Tuntas

Tarif Tol Tangerang-Merak Naik, Banyak Memicu Protes

0
Tol Tangerang-Merak Naik, Organdan dan Warga Protes
kenaikan harga jalan bebas hambatan banyak memicu protes.

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Kenaikan tarif tol Tangerang-Merak sejak Selasa 21 November 2017, sejak pukul 00.00 WIB, memicu reaksi keras dari Organda di Kabupaten Tangerang dan warga para pengguna jasa jalan berbayar tersebut.

Ketua Organda Kabupaten Tangerang Dan Persada menyatakan, bahwa pihaknya sangat keberatan dengan kenaikan tarif jalan bebas hambatan itu.

Menurutnya, kenaikan tarif tol Tangerang-Merak tersebut seperti mengatur negara di dalam negara, yang tidak memperhitungkan untung dan ruginya bagi para pemakai jalan berbayar tersebut.

“Jujur kami merasa berkeberatan dengan adanya kenaikan tarif jalan bebas hambatan ini. Apalagi di proses kenaikannya, kami tak dilibatkan dan dilakukan sepihak, tanpa melihat dampak langsung terhadap masyarakat,” tutur DanPersada saat di konfirmasi kembali oleh PenaMerdeka.com di Tangerang, Rabu (22/11).

Keberatan utama pada pihaknya adalah kenaikan tarif jalan yang tidak diikuti dengan perbaikan pelayanan jalan. Masih ditemuka jalan yang bergelombang, dan beberapa ruas jalan yang menyempit. Serta rest area yang dinilai kurang layak, di sepanjang jalan bebas hambatan ini.

“Yang menjadi keberatan kami ialah kenaikan tarif jalan itu tak dibarengi dengan adanya perbaikan pada sejumlah pelayanan bagi para pengguna jalan. Apalagi peran CSR dari pengelola tol juga tak pernah dirasakan secara langsung oleh masyarakat pengguna jalan,” pungkasnya.

Sementara, Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Wiwiek D. Santoso menegaskan, seminggu sebelum diberlakukannya kenaikan tarif ini, pihaknya sudah melakukan sosialisasi, baik melalui media cetak, dan sejumlah talkshow di media elektronik dan online. Juga melakukan perbaikan pelayanan di jalan tersebut.

“Sejak H-7 hingga ini, kami sudah melakukan sosialisasi dengan membagikan flyer informasi penyesuaian tarif yang dilengkapi table tarif baru kepada kepada pengguna jalan di seluruh gerbang masuk Tol Tangerang-Merak. Sosialisasi juga dilakukan melalui digital campaign di media-media sosial,” ujarnya. (redaksi)