Tampil Beda Berani Mengupas Tuntas

Partai Golkar Hangatkan Persaingan Calon Ketua DPR

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Mendekati agenda Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar ikut serta menghangatkan persaingan calon ketua DPR yang akan menggantikan Setya Novanto. Internal Golkar sudah terbuka sejumlah nama yang dinilai berpeluang menjabat pimpinan tersebut. 

Nama calonnya adalah Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo, Ketua Badan Anggaran DPR Azis Syamsudin, Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali, dan Sekretaris Fraksi Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita.

Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar Mahyudin menyatakan akan menguatnya sejumlah nama anggota dalam fraksi ini. Dia tidak dapat menilai siapa yang paling berpeluang, karena posisi ketua DPR ini juga bergantung pada kepentingan dan dinamika di munaslub yang mendatang.

“Tidak dapar diprediksi siapa yang akan menjadi ketua DPR, karena nanti pasti ketua umum terpilih mengharapkan ketua DPR itu adalah yang bisa bekerja sama dengan baik dengan pimpinannya,” ujar Mahyudin di Gedung DPR, Jakarta.

Menurut Mahyudin, sudah barang tentu posisi ketua DPR ini pasti ditentukan pasca pemilihan ketua umum baru. Meskipun ada desakan dengan fraksi-fraksi di DPR dan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), hal tersebut tidak memengaruhi karena posisi ketua DPR merupakan hak.

“Boleh-boleh saja mereka untuk mendesak. Memang haknya Partai Golkar kan. Dan, pimpinan DPR tersebut kan pasti kolektif. Jika ketua berhalangan masih ada empat kandidat lainnya,” tambahnya. (redaksi)