DPR Bentuk Panja Dalami Soal Kasus Penyakit Difteri

JAKARTA,PenaMerdeka – DPR khususnya komisi IX akan membentuk panitia kerja (Panja) untuk segera menyelidiki wabah penyakit difteri. Sehingga terjadi dalam kasus luar biasa (KLB) pada 20 provinsi dan 95 daerah di Indonesia.

Anggota Komisi IX DPR Adang Sudrajat memohon kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar mengaudit sistem fasilitascold chaindi seluruh Indonesia.

“Sesaat reses, saya meminta komisi IX agar membentuk panja terkait KLB penyakit difteri dan pencegahan kejadian hal serupa, supaya di masa mendatang, wabah-wabah yang sangat merugikan negara ini bahkan menjadi perhatian dunia tak terjadi lagi,” tuturnya.

Menurut Adang, Kemenkes sangat lalai dalam melakukan gerakan yang preventif sehingga terjadi KLB dengan wabah ini yang sudah terjadi di 20 provinsi dan 95 daerah pada seluruh Indonesia.

Pengadaan alat canggih dan kedaruratan medik berupacold chain itu selama ini hanya bisa dinikmati segelintir orang. Keadaan tersebut merupakan fakta di lapangan saja bahwa Kemenkes melalaikan perbaikancold chain(rantai dingin) pada distribusi vaksin di seluruh negeri.

Adang mendesak agar memperhatikan proporsionalitas untuk anggaran antara program pencegahan dan program pelayanan kesehatan. Pembelian alat kesehatan yang canggih tidak boleh lagi menguasai perbelanjaan anggaran terkait juga munculnya kembali wabah penyakit difteri. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah