Pilkada Serentak 2018, Fenomena Calon Tunggal Terulang

0 92

JAKARTA,PenaMerdeka – Fenomena calon tunggal kembali terulang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018. Data yang dihimpun Komisi Pemilihan Umum (KPU) sampai ini, terungkap 19 daerah berpotensi menggelar pemilihan dengan satu pasangan calon saja.

Komisioner KPU Ilham Saputra menuturkan, bahwa data terakhir menyebutkan ada 19 daerah yang baru mempunyai satu pasangan calon mendaftar pada Pilkada serentak 2018 ini.

Beberapa di antaranya  adalah Pidie Jaya (Aceh), Kerinci (Jambi), Kota Palembang, Kota Prabumilih (Sumatera Selatan), Tangerang, Kota Tangerang (Banten), Purwakarta, Kota Banjar (Jawa Barat), Karanganyar (Jawa Tengah), Tapin (Kalimantan Selatan), Minahasa Tenggara (Sulawesi Utara), Sinjai (Sulawesi Selatan), Mamasa (Sulawesi Barat), serta Puncak (Papua).
“Ada 19 daerah calon tunggal, pada Banten ada 3, Jateng Karanganyar, Sumsel Prabumulih, dan Sulut Minahasa Tenggara,” papar Ilham.

Data itu menurut Ilham hanya bersifat sementara, sebab KPU akan terus mendata kembali daerah yang memiliki calon tunggal. Menurutnya, apabila didapati daerah hanya satu pasangan calon maka langkah KPU adalah membuka kembali proses pencalonan setelah sebelumnya menggelar sosialisasi untuk menyampaikan kepada partai politik yang tersisa menggunakan haknya.

“Kita akan melakukan sosialisasi agar partai politik dapat mencalonkan lagi. Dan tiga hari (setelahnya) dibuka pendaftaran ulang untuk Pilkada Serentak 2018 ini,” tutup Ilham. (redaksi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...