Kemensos Minta SK Tanggap Darurat, Janji Perbaikan Rumah Korban Gempa Lebak

0 58

KABUPATEN LEBAK,PenaMerdeka – Terkait gempa yang menimpa warga Kabupaten Lebak, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya diminta mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Tanggap Darurat. Sebab supaya pemerintah mudah menyalurkan bantuan.

Menurut Harry Hikmat, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos mengklaim nantinya ketika ada SK tersebut pihaknya selain memberikan bantuan secara kebutuhan darurat, namun nantinya Kemensos juga bakal menggelontorkan anggaran bantuan perbaikan rumah korban gempa.

Sekarang kata Harry menegaskan, meskipun harus ada SK Tanggap Darurat diberlakukan tetapi Kemensos dalam situasi sekarang tidak akan memberikan tempat penampungan secara permanen. Kemensos sudah memberikan tenda bagi korban.

“Ada 200 tenda gulung, tenda keluarga yang bisa dimanfaatkan untuk masing-masing satu keluarga. Tagana akan bantu inventaris siapa keluarga yang butuh tenda,” ucapnya, Kamis (25/1/2018).

Dalam kesempatan itu Harry kembali menegaskan, Kemensos akan memberikan bantuan perbaikan rumah bagi warga Lebak korban gempa. Supaya setelah gempa selesai warga bisa tetap tinggal di kediamannya.

“Tanggap darurat ini untuk rusak berat maksimal Rp 30 juta. Nanti harus diverifikasi lagi. Tetapi harus cepat diinventarisir karena sangat luas juga wilayah yang kena musibah,” jelas Harry.

Bantuan penampungan sementara juga ada dari instansi lain, seperti TNI dan BNPB. Kemensos menurut Harry akan memberi tambahan tenda bila memang dirasa kurang.

Sejauh ini, Kemensos juga belum melihat perlunya dibangun MCK untuk warga-warga di penampungan. Apalagi banyak warga yang rumahnya masih bisa ditempati memberi bantuan untuk korban yang rumahnya rusak.

Tetapi beruntung dalam kondisi tanggap darurat bagi nilai persaudaraan di Lebak masih sangat tinggi. Mereka, antar warga bisa saling tolong menolong dalam kondisi seperti ini.

“Persaudaraan dan sifat tolong menolong serta gotong royong masih bagus. Yang terkena korban tidak ditelantarkan, bahkan yang dikunjungi pak menteri tinggal sama saudara,” tandasnya. (fred)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...