Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

KH Mustafa Yaqub ‘Pergi’, Meninggalkan Kenangan dengan Obama

77

Pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada 11 November 2010 memiliki kesan tersendiri bagi KH Ali Mustafa Yaqub. Saat itu Obama bersama Ibu Negara Michelle Obama mengunjungi Masjid Istiqlal yang diterima langsung Mustafa Yaqub, ketika itu masih menjadi Imam Besar Masjid Istiqlal.

Dengan mengenakan setelan jas berwarna hitam dipadu dengan dasi serta kopiah, Mustafa Yaqub menjelaskan kepada Obama tentang masjid terbesar di Asia Tenggara itu.

Ketika itu, Mustafa Yaqub menjelaskan kepada orang nomor satu di Amerika Serikat itu, bahwa Istiqlal adalah simbol kemerdekaan Islam di Indonesia yang melarang umat manusia menindas satu sama lainnya. Walaupun hanya sebentar, bertemu Obama memiliki makna tersendiri bagi pria yang pernah nyantri di Pondok Seblak dan Tebuireng Jombang ini.

Kenangan bertemu dengan Obama dituangkan Mustafa Yaqub melalui sebuah buku yang dia beri judul 25 Menit Bersama Obama. Dalam buku itu juga ceritakan saat itu dirinya sedang merasa letih lantaran kurang istirahat, namun rasa letihnya seolah hilang karena banyaknya pemberitaan media tentang kunjungan ke Masjid Istiqlal.

Kini, mantan Imam Masjid Besar Istiqlal yang pernah mengajar di beberapa perguruan tinggi dan melahirkan banyak karya ini telah berpulang ke Rahmatullah pada Selasa (28/4/2016).
Mustafa Yaqub meninggal di Rumah Sakit Hermina, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten dalam usia 64 tahun. (sby/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...