Sandiaga Uno: DKI Belum Punya RS Rawat Inap untuk Gangguan Jiwa

0 41

JAKARTA,PenaMerdeka – Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyebutkan jumlah Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) mencapai lebih dari 10 ribu jiwa.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menjelaskan, sebanyak 10 persen ODGJ di DKI membutuhkan rawat inap untuk perawatan yang lebih intensif lagi.

Namun, ia mengakui DKI belum mempunyai fasilitas yang sangat memadai terkait rumah sakit yang mampu menampung pasien ODGJ rawat inap.

“Kapasitasnya sangat rendah. Kalau tidak salah malah rawat inapnya enggak ada. Jadi itu nanti yang jadi PR bagi kita di wilayah Duren Sawit,” ujar Sandiaga Uno.

Penyebab gangguan jiwa terhadap masyarakat DKI memang beragam, mulai dari impitan ekonomi, kehidupan sosial, keturunan, percintaan, sampai dengan penyakit skizofrenia.

“Oleh karena itu, program KLPDH dari pemerintah sebelumnya kita akan terusin, tapi kita terus perlebar, bukan hanya penyakit yang biasa, tapi juga untuk penyakit jiwa,” tuturnya.

Sandiaga Uno bersama Pemprov DKI berkomitmen untuk memberikan fasilitas yang lebih memadai bagi perawatan ODGJ di DKI Jakarta. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...