Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Gelar Pilkades, Pemkab Bekasi Rencanakan Sistem E-Voting

KABUPATEN BEKASI,PenaMerdeka – Pemerintah Kabupaten Bekasi berencana melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) dengan cara electronik voting (e-Voting). Sistem e-Voting ini sudah diajukan ke setiap desa yang melaksanakan perhelatan tersebut.

Apabila masing-masing desa tidak setuju dengan penerapan sistem tersebut, maka akan dikembalikan dengan cara pemilihan yang pada umumnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bekasi, Aat Barhaty, menjelaskan penerapan sistem e-voting di 154 desa agar menekan kecurangan dan mendapatkan hasil Pilkades yang cepat. Namun pelaksanaan dikembalikan ke desa masing-masing.

“Menggunakan e-voting juga agar transparansi serta juga keakuratan hasil pemilihan kepala desa bisa terwujud,” tandasnya.

Untuk melaksanakan dengan cara pilkades sistem e-voting, perlu dipersiapkan di antaranya alat untuk membaca KTP elektronik atau surat keterangan milik warga yang akan menjadi pemilih. Alat itu nantinya terintegrasi dengan daftar pemilih.

“Setelah data terverifikasi maka pemilih diarahkan ke bilik suara dan memilih kepala desa melalui layar sentuh. Jika bersedia mengenakan e-voting alat tersebut akan dibeli oleh panitia pemilihan di tingkat desa yang sudah ada dalam e-catalog,” pungkasnya.

Sebelum sistem e-Voting itu diterapkan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bekasi melakukan uji coba atau simulasi di setiap desa yang tingkat pendidikannya rendah.

“Kerjasama dengan dinas lain akan dilakukan, di antaranya Disdukcapil untuk data daftar pemilih dan Dinas Kominfo Telesandi dan Statistik untuk penguatan jaringan internetnya supaya Pilkades berjalan lancar,” tambahnya. (ers/ewy)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan