Zulfikar Demokrat

Ratusan Insan Pers Tanah Air Tolak UU MD3

0

BOGOR,PenaMerdeka – Ratusan insan pers dari beberapa media pemberitaan seluruh pelosok tanah air mendeklarasikan menolak pemberlakuan Undang Undang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), Kamis (1/3/2018) sore. 

Pernyataan sikap tersebut menyusul adanya beberapa pasal yang dianggap kedepannya akan membelenggu kebebasan kerja jurnalis pasca Undang Undang tersebut diberlakukan.

Seruan tertulis disampaikan kepada Mahkamah Konstitusi (MK) yang dibacakan oleh perwakilan jurnalis, dan langsung diserahkan ke Wakil Ketua MK, Anwar Usman di sela penutupan sosialisasi peningkatan pemahaman hak konstitusional insan Pers dari berbagai media massa se-Indonesia, hasil kerja sama MK dan Dewan Pers di Grha Konstitusi 3 Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi, Cisarua, Kabupaten Bogor.

“Kami mendorong seluruh pihak menghormati kemerdekaan pers. Ada beberapa pasal krusial perlu direvisi karena dianggap mengekang kebebasan pers dan hak konstitusional warga negara. Kami menolak Undang Undang MD3 sebab mengekang kemerdekaan pers,” tegas Fernandus Yusi Adam, jurnalis dari media online lokal di Manado.

Salah satu perhatian dalam studi kasusnya yakni menyangkut dengan pasal 122 huruf k yang saat ini hangat menjadi pembicaraan khalayak termasuk dari kalangan insan pers. Dalam pasal itu disebutkan bahwa MKD dapat mengambil langkah hukum dan atau langkah lain terhadap orang perseorangan, kelompok orang, atau badan hukum yang merendahkan kehormatan DPR dan anggota DPR RI.

“Terus terang saya belum dapat berkomentar atas (pernyataan sikap) yang disampaikan tadi, karena kami di MK jika tidak salah, sudah menerima tiga permohonan judicial review terkait dengan UU yang akan ditandatangani Presiden itu,” ujar Wakil Ketua MK, Anwar Usman.

Seperti diketahui, UU MD3 sudah mengundang gejolak dan reaksi hampir di seluruh elemen masyarakat. Dirinya mengakui dan mengapresiasi pernyataan sikap tersebut.

“Terlepas apakah akan ditandatangani atau tidak (oleh Presiden), dalam kurun waktu 30 hari ke depan itu Undang Undang MD3 otomatis akan sah diberlakukan,” terangnya sebelum secara resmi menutup sosialisasi yang telah dihelat selama empat hari oleh beberapa insan Pers. (redaksi)

kanal partai gerindra
Baca Berita Lainnya
Puji Rahman Hakim Perindo

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Donec justo id Curabitur ipsum suscipit facilisis Praesent ut ipsum eleifend neque.