Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Dikebut, Raperda BUMD Agrobisnis Banten Tinggal Finalisasi

0 66

BANTEN,PenaMerdeka – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) BUMD Agrobisnis memasuki tahap finalisasi. Kemudian regulasi daerah atas inisiatif Pemprov Banten yang nantinya akan memberdayakan petani ini bakal dikebut supaya segera diparipurnakan.

“Pada Selasa (27/3/2018) dalam finalisasi bersama pihak eksekutif (Pemprov Banten, red) kami diskusikan lagi. Pasalnya kami (DPRD) ingin ketika nanti menjadi Perda Agrobisnis bisa maksimal,” kata H. Abas, Ketua Pansus Raperda Tentang Pembuatan BUMD Agrobisnis via telepon, Sabtu (24/3/2018).

Kami dari dewan untuk tahapan finalisasi juga tidak menutup kemungkinan dalam Raperda BUMD Agrobisnis itu akan memasukan aturan penyertaan modalnya. Raperda ini segera diparipurnakan sehingga kemudian akan segera dibawa ke Kemendagri RI.

Makanya setelah itu, DPRD Banten mendorong supaya nanti segera dibuat Pergubnya oleh Gubernur Banten. Terkait dengan Raperda ini kata Abas, tidak memasukan nama perusahaan, hal itu ada dalam kewenangan pihak Pemprov Banten.

“Nama perusahaannya nanti dari Gubernur yang memberikannya. Itu tercantum dalam Pergub. DPRD membuat regulasi dalam Perda pembuatan BUMD nya,” kata politisi asal Fraksi Demokrat ini menerangkan.

Lebih dalam Abas menjelaskan, pihak DPRD Banten dalam pembahasan Raperda BUMD Agrobisnis tidak menggunakan sebutan Perda BUMD Agrobisnis, tetapi Perda Pembuatan BUMD saja.

“Maka itu nanti juga dalam sebutan Agrobisnis atau Agribisnis masih dalam pembahasan juga. Tetapi kebanyakan kalau menggunakan istilah Agribisnis memang lebih mengena lantaran mencakup keseluruhan pangan,” ungkap Abas.

Ia juga membeberkan soal pentingnya Perda Tentang Pembuatan BUMD tersebut. Sebab wilayah Banten mengantongi kesuburan dan luas lahan, jadi adanya regulasi yang sedang dibahas bisa memaksimalkan hasil tani.

“Upaya Pemprov wajib didukung, karena petani di Banten butuh wadah dari hasil pertaniannya. Raperda BUMD Agrobisnis mudahan-mudahan segera rampung dan petani nantinya bisa menikmati hasilnya,” tandas Abas. (redaksi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...