Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Nunggak ke Bulog, Penyaluran Raskin 80 Desa di Tangerang Terancam Tertunda

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Sebanyak 80 desa di Kabupaten Tangerang belum melunasi tunggakan program beras miskin (Raskin) atau yang biasa disebut beras sejahtera (Rasta) pada tahun 2017 kemarin. Akibat tunggakan tersebut, Badan Urusan Logistik (Bulog) disebutkan mengalami kerugian berkisar Rp2,9 Miliar.

Hal itu membuat pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, curiga adanya kecurangan. Kasi Datun Kejari Tangerang Roland menjelaskan, sudah menerima berkas pelimpahan mengenai ratusan desa yang menunggak rastra tahun 2017 dan akan menangani laporan tersebut.

“Benar, saya sudah terima berkasnya dari Kasi Datun. Saat ini saya sedang pelajari kasusnya dan akan dilakukan penindakan terkait Raskin ini,” jelas Roland di Kejari Tangerang.

Menurutnya, ada sejumlah tahap yang harus dilalui sebelum dilakukannya penindakan. Pertama, puluhan desa tersebut harus melunasi utangnya. Jika tidak melunasi, pihaknya segera mengambil tindakan.

Sementara itu, Kepala Sub Divre Bulog Tangerang Junaidi menambahkan, sebanyak 150 desa di Kabupaten Tangerang, baru 77 desa yang lunas. Kerja sama antara Bulog Sub Drive Tangerang dengan Kejari Tigaraksa terbangun melaui MoU di dalam pengawasan dan pembinaan kepada desa dan kelurahan yang menunggak rastra.

“Selain melalui MoU ini, kami juga sudah menguasakan kepada Kejari agar melakukan pembinaan, apabila ada desa yang menunggak terkain Raskin ini agar ditindak sesuai aturan yang berlaku” tambahnya. (yuyu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan