Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Tunjukan Keagungan Wanita Praja, Audira Wakili Banten di Ajang Puteri Nusantara

0 93

BANTEN,PenaMerdeka – IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) sebagai sekolah pencetak kader pemerintahan yang umumnya dikuasai laki-laki. Hal ini menunjukan jika kader pemerintahan tidak harus dari kaum adam namun juga dari para wanita praja (sebutan peserta didik).

Tantangan globalisasi yang menuntut perempuan untuk menunjukan kiprahnya secara nyata. Eksistensi dari kaum perempuan ini perlu ditingkatkan selama hal inj membangun dampak positif bagi pemerintahan.

Dalam hal ini, event tahunan yang diadakan IPDN Jatinangor, Jl Ir. Soekarno KM 20, Desa Cibeusi, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ini sebagai salah satu program kerja Dinas Pemberdayaan Wanita yakni pemilihan Puteri Nusantara yang melibatkan seluruh wanita praja untuk menunjukan kecantikan dan kemampuan intelektual.

Pemilihan Puteri Nusantara ini setiap dari provinsi di Indonesia mengirimkan satu perwakilan. Dalam ajang ini dilihat dari segi fisiknya (kecantikannya) dan juga kemampuan intelektual para peserta.

Salah satunya Audira Nur Azizah (19), perempuan kelahiran Jakarta ini mewakili Provinsi Banten dalam pemiliham Puteri Nusantara. Ia bermotivasi ikut acara tersebut karna ingin menunjukan ke anggunan seorang praja dibalik sikap tegas dan disiplinnya.

Ia mengatakan tahapan pertama ajang tersebut yaitu karantina seleksi para calon selama seminggu, yang didalamnya terdapat pembekalan materi dan eksistensi perempuan didalam dunia pemerintahan.

“Saya bermotivasi mengikuti ajang Puteri Nusantara ini ingin menunjukan keanggunan perempuan dibalik sikap tegas dan disiplinnya. Tahap awal si dikarantina, didalamnya ada pembekalan materi dan juga eksistensi perempuan didalam dunia pemerintahan,” tutur Audira melalui pesan singkat WhatsApp, senin (9/4/2018).

Sebelum malam puncak, para calon ini dilatih berjalan Catwalk dan juga pelatihan lainnya agar tidak ada kesalahan yang terjadi. Tidak hanya itu, lanjut Audia, terdapat test tertulis, wawancara pengetahuan umum, wawancara bahasa Inggris dan juga test bakat dari masing-masing peserta.

Ia berharap adanya acara seperti ini dapat menginspirasi semua perempuan, baik dikalangan praja IPDN ataupun perempuan diluar lainnya untuk menjadi motivasi masyarakat Banten agar menjadi lebih baik lagi.

“Semoga semua wanita praja IPDN ataupun perempuan diluar lainnya untuk menjadi motivasi, umumnya untuk masyarakat Banten agar menjadi lebih baik lagi,” cakap perempuan yang kerap dipanggil Dira ini.

Kegiatan yang merupakan agenda tahunan ini hanya sebagian kecil dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi peserta didik IPDN untuk membangun karakter tersendiri. Segala kegiatan yang dilakukan tersebut untuk beradaptasi persiapan dalam mengahadapi masyarakat nantinya sebagai kader pemerintahan.

Ia menambahkan, sebagai calon kader pemerintah harus berfikir generalis yang berarti dapat menguasai permasalahan yang dihadapi di masyarakat nanti. Ia juga berusaha membuang stigma-stigma negatif masyarakat terhadap praja IPDN, dengan salah satunya diadakan event Puteri Nusantara ini.

“Sebagai calon kader pemerintahan, kita dididik untuk berfikir generalis, dapat menguasi permasalahan yang dihadapi dimasyarakat nantinya. Dengan adanya event ini saya ingin membuang stigma negatif masyarakat terhadap wanita praja dan juga peserta didik IPDN lainnya,” tutupnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...