Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Dilengkapi Radar, Ducati Klaim Produksi Motor Teraman

MILAN,PenaMerdeka – Produsen automotif asal Italia Ducati dikabarkan tengah mengembangkan motor yang dilengkapi teknologi radar di bagian depan dan belakang. Motor ini akan sampai dipasaran pada tahun 2020, teknologi ini dikembangkan dengan Politecnico University of Milano dan nantinya Ducati  akan jadi motor teraman di dunia.

Mengutip dari Motorrad, teknologi ini tak hanya mendeteksi kendaraan lain yang berada di blind spot, namun juga mengidentifikasi kondisi lalu lintas di depan sebelum informasi itu didistribusikan ke sepeda motor melalui kontrol cruiser adaptif.

Selain radar, Ducati juga akan berencana memasang berbagai sistem peringatan pengendara. Ini pastinya dapat membantu pengendara untuk menyadari bahwa kendaraan lain mendekati mereka dari belakang.

Pengembangan teknologi ini ialah bagian dari Rencana Keselamatan Jalan Ducati 2025 yang bertujuan agar menambahkan banyak fitur keselamatan ke mesin produksinya.

Program ini juga sudah berjalan ketika Ducati mengimplementasikan fitur ABS menikung dan menginstal teknologi airbag D-Air Dainese pada model Multistrada 1200.

D-Air Airbag Technology adalah pelindung bagi pengendara sepeda motor, berupa kantung udara. Prinsip kerjanya mirip airbag pada mobil, yang akan mengembang saat terjadi kecelakaan atau benturan keras.

Selain mengembangkan radar, teknologi airbag ini pun milik Dainese disebut-sebut sebagai teknologi airbag terbaik pada saat ini, jika dibandingkan dengan milik Alpinestars yang juga kompetitor mereka. (riri)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.