HUT RI 76

Jokowi Resmi Buka IIMS Hybrid 2021 Lewat Virtual

MESKI DIKEPUNG PANDEMI

JAKARTA,PenaMerdeka – Presiden RI, Joko Widodo resmi membuka perhelatan otomotif Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) Hybrid 2021. Melalui virtual dari Istana Negara Jakarta, pembukaan pameran itu langsung di channel YouTube IIMS.

Jokowi mengatakan sebenarnya ia ingin hadir secara langsung di IIMS tahun ini, karena ingin industri otomotif Indonesia segera bangkit setelah diterpa pandemi Covid-19.

Jokowi juga ingin industri otomotif segera pekerjakan lebih banyak lagi tenaga kerja dan juga menggerakan industri UMKM, serta segera menaikkan jumlah ekspor ke negara lain atau pasar global.

“Namun, yang harus kita ingat bersama-sama kita masih di masa pandemik. Kita harus tetap waspada terhadap pandemi Covid-19. Tapi juga kita tak boleh berhenti dalam menggerakan ekonomi. Tetap dengan kewasapadaan dan kehati-hatian,” jelas Jokowi, Kamis (15/4/2021).

Presiden menuturkan, industri otomotif merupakan salah satu penggerak perekonomian nasional yang harus segera diakselerasi. Karena banyak keterlibatan pelaku usaha di dalam negeri dari hulu sampai hilir, yang harus ditingkatkan.

Jokowi berharap keterlibatan industri UMKM dalam rangka rantai pasok harus ditingkatkan, dan nilai tambah ekonomi dalam negeri harus menjadi prioritas.

“Tentu saja yang paling penting adalah penyerapan tenaga kerja lokal dan peningkatan kesehatan masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, transformasi green technology juga perlu dilakukan, sebab ke depan akan menjadi tumpuan Indonesia karena memiliki potensi dan kekuatan di sini. Penggunaan energi terbarukan seperti B30 dan B100 juga harus terus dilanjutkan.

“Demikian juga dengan pengembangan industri mobil listrik harus dipercepat. Harapannya mobil listrik bisa menjadi salah satu industri unggulan di Indonesia,” jelasnya. (ek)

Disarankan
Click To Comments