Kurangi Porsi Makan Sebelum Puasa, Ini Manfaatnya

JAKARTA,PenaMerdeka – Tinggal menghitung hari, umat muslim diseluruh dunia bakal menjalani ibadah di bulan Ramadhan. Sebelum berpuasa selama 30 hari, alangkah baiknya melakukan persiapan diri seperti mengurangi porsi makan sejak kini.

Hal ini bertujuan supaya sistem pencernaan bisa beradaptasi selama puasa, khususnya bagi mereka yang belum pernah menjalankan puasa selama kurang lebih dari 14 jam.

Prof Dr dr Murdani Abdullah SpPD-KGEH dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menjelaskan puasa bagi mereka yang tak biasa menahan lapar dan haus bisa menimbulkan gangguan, mulai diare, konstipasi, sembelit hingga nyeri pada bagian perut. Kendati harus mengurangi porsi makan.

“Memasuki Ramadhan dengan persiapan itu memang baik. Tubuh mempunyai ritme dalam menjalankan fungsinya, termasuk pengaturan sistem pencernaan. Bagi yang belum pernah puasa dan tiba-tiba puasa selama kurang lebih 14 tentunya dapat menimbulkan gangguan,” jelasnya.

Tidak ada salahnya jika melakukan persiapan jelang puasa dengan melakukan pengurangan asupan makanan yang masuk keperut. Jadi perut tak kaget.

“Alangkah baiknya memasuki bulan puasa dengan persiapan yang baik, mulai mengurangi porsi makan hal ini supaya irama tubuh tidak terganggu dan perut tidak kaget ketika puasa,” tutupnya. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Tuliskan pesan anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE