Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

BPOM Banten Sosialisasi Pangan Sehat, Siti Masrifah: Penting Untuk Keberlangsungan Hidup

0 159

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Guna mengingatkan tentang pentingnya pangan sehat kepada masyarakat, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Banten menggelar Sosialisasi Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) obat dan makanan.

Dengan mengusung tema “Tips Memilih Pangan Yang Aman di Bulan Ramadhan” sosialisasi itu, berlangsung di GOR Jalan KH. Dewantara, Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Menghadirkan Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi FKB Siti Masrifah, Kepala Balai POM Kota Serang, Plt Kepala Dinkes Tangsel Suhara Manulang sebagai narasumber dan diikuti sebanyak 500 peserta.

Alex Sandre, kepala Balai POM Kota Serang menegaskan, ada tiga cemaran yang berbahaya bagi pangan sehat di Indonesia, antara lain, cemaran biologis, kimia, fisik.

“Pangan harus bebas dari ketiga cemaran tersebut. Dimana cemaran  bahan kimia itu seperti borak dan formalin, cemaran biologis seperti jamur dan bakteri, sedangkan untuk cemaran fisik seperti di dalam makanan ada rambut, pasir dan lain sebagainya. Bahan pangan harus bersih dan aman dari bahan yang berbahaya,” terang Alex, Selasa (5/6/2018) lalu.

Alex melanjutkan, guna memastikan pangan sehat dan tidak sehat, Balai POM sudah membeli sempel makanan yang beredar di daerah Banten dan diuji dalam laboratorium soal kandungan makanan tersebut.

“Kami sudah mengambil dan memerikasa beberapa sampel makanan untuk diperiksa, saya mengingatkan kepada masyarakat harus memperhatikan kemasan makanan bagus apa tidak dan juga memeriksa izin edarnya makanan tersebut,” jelasnya.

Sementara Suhara Manulang, Plt Kepala Dinkes Tangsel, mengatakan masyarakat perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan dan memilih pangan sehat. Menurutnya saat ini banyak makanan berbahaya untuk kesehatan, apabila dikonsumsi.

“Makanan yang masuk ke dalam mulut kita harus bersih dari zat kimia. Karena makanan yang mengandung bahan kimia bisa mengganggu pada organ tubuh, seperti  jantung ginjal dan liver kita akan rusak, manusia membutuhkan makanan sehat dan aman agar tubuh kita menjadi prima,” terang Manulang.

Masih di lokasi yang sama, Siti Masrifah mengatakan, kegiatan seperti ini penting dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Bahkan ia juga menyampaikan selaku wakil rakyat sudah seharusnya bisa melindungi rakyat yang diwakilinya.

Dia melanjutkan, ada UU no. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Dimana di pasal 4a disebutkan apa yang menjadi hak konsumen dalam menggunakan barang dan jasa yang terdiri dari kenyamanan, keamanan dan keselamatan. Konsumen juga memiliki hak diberi informasi, hak untuk komplain, hak untuk mendapatkan keselamatan serta hak untuk memilih.

“Apa yang didapat ilmunya hari ini, saya sampaikan kepada semua yang hadir agar ikut membantu mensosialisasikannya kepada orang orang terdekat, seperti suami, anak, saudara terdekat, baik keluarga maupun tetangga,” terang Masrifah.

Lebih dalam ia mengatakan, pihaknya mengapreiasi Balai POM Provinsi Banten atas sosialisasi pangan sehat kepada masyarakat, karena baik untuk keberlangsungan pola hidup sehat.

“Saya sebagai wakil rakyat, yang duduk di komisi IX sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan seperti ini, yang diadakan oleh Balai POM Serang Provinsi Banten, sebab kegiatan seperti ini baik untuk keberlangsungan pola hidup sehat dan bisa mengadvokasi tips memilih makanan aman yang tidak mengandung zat yang berbahaya,” tandas Masrifah. (aputra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...