Ramadhan Kab Bekasi

Lomba Mancing Malam di Tenjo Bogor, Potensi Tradisi Silaturahmi Lebaran

0

KABUPATEN BOGOR,PenaMerdeka – Lomba mancing malam jadi teradisi unik saat perayaan Hari Raya Idul Fitri bagi Warga Kampung Sukasirna, Desa Tenjo, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Umumnya lebaran bagi muslim selalu dikaitkan bersilaturahmi untuk saling memaafkan dengan mengunjungi keluarga dan kerabat. Pasca bersilaturahmi ada yang berbeda dilakukan masyarakat Tenjo, mereka mengikuti lomba mancing. Dan digelar pada malam hari.

Ade Aryanto (37) salah seorang penghobi mancing yang juga warga setempat mengatakan, lomba mancing malam ini ada sisi positifnya, selain untuk hiburan, lomba tersebut juga bisa untuk saling bermaaf-maafan.

“Ini jadi ajang sillaturahmi dan bermaaf-maafan kepada kawan yang tidak sempat bertemu pas hari raya. Apalagi bagi yang kebetulan punya hobi sama,” terang Ade, Sabtu (16/6/2018) malam.

Ade melanjutkan, pada lomba mancing malam itu, pihaknya tidak mengejar hadiah tetapi hiburan dan silaturahminya.

“Tiketnya Rp100.000, sedangkan untuk hadiahnya sebesar Rp2.000.000, tapi kita tidak kejar itu yang kita cari hanya hiburanya, dari pada kita pada hiburan yang neko-neko atau hiburan negatif lainnya,” jelasnya.

Sementara Heri (42) lomba mancing malam dihari kedua Idul Fitri, banyak mengandung unsur yang positif bagi para penghobi mancing.

“Sangat bagus, saya sendiri banyak kawan yang hobinya mancing, dengan adanya lomba ini Alhamdulillah disini bisa bertemu dan saling bersillaturahmi,” terang Heri yang juga anggota Polisi.

Masih di lokasi yang sama, Nursin (40) pemilik empang mejelaskan, lomba memang setiap digelar setiap hari Sabtu dan Kamis, namun untuk momen Idul Fitri ini, pihaknya ingin berbagi kebahagiaan bagi penghobi mancing.

“Saya berharap di lomba mancing malam ini kita bisa saling mengingatkan dan bermaaf-maafan mumpung masih dalam suasana Idul Fitri,” ucap Nursin.

Dia mengaku dalam kesempatan mancing bersama warga ini tidak mengambil untung, bisa bertemu dan bahagia aja bersama kawan-kawan setelah selama satu bulan berpuasa.

Sebelumnya pas di bulan Ramadhan kita tidak makan dan minum dan malamnya melaksanakan tarawih.

Ajang lomba mancing malam ikan mas ini tandas Nursin nantinya bisa digelar setiap momen Idul Fitri. Dan diselengarakan supaya memperat persaudaran sesama warga. (zaenudin)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disperkimta Tangsel Ads
Disarankan
Loading...