Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

KPU: Ada Peningkatan Partisipasi di Pilkada Jabar Ketimbang Pilbup Bekasi

0 225

KABUPATEN BEKASI,PenaMerdeka – Hasil rekapitulasi suara Pilkada Jawa Barat 2018, menyebutkan ada peningkatan partisipasi masyarakat Kabupaten Bekasi ketimbang saat berlangsungnya Pilgub Bekasi lalu.

Menurut Idham Kholik Ketua KPU Kabupaten Bekasi, berdasarkan data rekapitulasi rapat pleno terbuka, partisipasi pemilih dari data DPT di Kabupaten Bekasi ada sebanyak 61,26% dari jumlah pemilih 489.097. Dan sisanya tidak menggunakan hak suaranya atau golput.

Sebelumnya KPU menargetkan jumlah pemilih sebesar 77,5% namun dari hasil itu ada peningakatan partisipasi ketimbang pada Pilkada Bupati. Jika dipersentasikan ada kenaikan 0,26%.

“Ini menjadi catatan kita pada pemilu 2019 nanti untuk dipastikan tingkat suara tidak memilih semakin kecil,” kata Idham.

Sementara itu Wakil Kepala Polrestro Bekasi, AKBP Luthfie menjelaskan pada rapat pleno terbuka yang dilaksanakan pada Kamis (6/7/2018) pihak kepolisian menerjunkan sebanyak 578 personil terbagi dari beberapa sektor serta menurunkan dua kendaraan watercannon (meriam air).

“Di luar peningkatan partisipasi, kami mengamankan rekapitulasi rapat pleno terbuka Pilkada Jawa Barat. Pengamanan ada di dalam sekitar KPU kemudian sekitar luar KPU seperti di PT Ibu hingga perbatasan Karawang dan Bekasi sebanyak 23 personil di luar,” ucap Idham.

Menurutnya, selesai rapat pleno pihaknya lalu mengantar blanko KPU Kabupaten Bekasi ke KPU Jawa Barat, hingga selesai rapat pleno dirinya pastikan tidak ada gesekan serta rapat pleno terbuka berjalan kondusif.

“Mudah mudahan pengawalan ke Bandung bisa lancar, yang mengantar 6 personil,” pungkasnya.

Jumlah keseluruhan suara sah yaitu 1.153.134, kemudian jumlah suara tidak sah 12.057. Sehingga surat suara sebanyak 1.165.191.

Adanya peningkatan partisipasi saat Pilkada Jawa Barat, KPU Kabupaten Bekasi juga menetapkan hasil pleno ditetapkan kemenangan pasangan calon nomor urut tiga Sudrajat dan Ahmad Syaikuh (Asyik) dengan perolehan suara 42,41% dari pemilih sebanyak 489.097. (ewy/ers)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...