Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Tumbuhkan Jiwa Patriotik, UGM Ambil Bagian di Harmoni Indonesia 2018

0 135

YOGYAKARTA,PenaMerdeka – Turut ambil bagian pada acara Harmoni Indonesia 2018, Universitas Gajah Mada (UGM) jadi titik kumpul perwakilan kampus yang ada di Yogyakarta.

Diikuti 34 perguruan tinggi negeri dan swasta dari 34 Provinsi serta beberapa perwakilan mahasiswa yang sedang melanjutkan pendidikan di luar negeri, acara tersebut dilakukan secara serentak dengan cara live streaming dan konferensi langsung yang dikomandoi Presiden Joko Widodo dari Gelora Bung Karno, Minggu (5/8/2018).

Seperti diketahui, Harmoni Indonesia 2018 merupakan upaya bangsa Indonesia untuk cinta tanah air serta menumbuhkan kembali jiwa patriotik kaum muda Indonesia melalui kebersamaan harmoni dan dinamika lagu-lagu nasional.

Presiden Jokowi berkenan untuk ikut bernyanyi bersama dalam acara ini, sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-73. Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi ditunjuk sebagai koordinator tim paduan suara dan Adie MS sebagai dirigennya.

Prof Panut Mulyono, Rektor UGM dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Harmonisasi Indonesia 2018 memiliki makna penting khususnya untuk mengingat perjuangan para pahlawan.

“Dengan bernyanyi bersama, kita juga dapat membangkitkan semangat kita untuk meneladani para pejuang dan meneruskan perjuangannya. Pendahulu kita telah memerdekakan bangsa Indonesia,” kata Panut Mulyono, ketika disinggung penyelenggaraan Harmoni Indonesia 21018, Minggu (5/8/2018).

Menurutnya tugas kita selanjutnya untuk memperjuangkan kedaulatan dan kehormatan bangsa ini seutuhnya.

Panut juga menuturkan, perjuangan dalam era teknologi tinggi seperti saat ini berbeda dengan perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di masa lalu. Namun, substansi perjuangan tetap sama, yaitu berjuang demi kedaulatan dan kehormatan bangsa.

Kemudian pada acara Harmonisasi Indonesia 2018 ini Dia juga menambahkan, penggunaan teknologi informasi seperti saat ini sangat membantu dalam upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Peserta dari Aceh sampai Papua, dengan efisien tanpa perlu datang ke satu tempat dapat melakukan kegiatan secara bersama, serasa bertatap muka. Upaya ini patut kita apresiasi dan teruskan untuk kegiatan-kegiatan pemersatu bangsa yang lain.”

“Selain lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dalam acara Harmoni Indonesia 2018 dikumandangkan pula lagu-lagu seperti Garuda Pancasila, Rayuan Pulau Kelapa, Padamu Negeri,” pungkasnya.(ari/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...