Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Orang Betawi Tangerang Minta Perda Pelestarian Budaya Betawi

0 363

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Pesona betawi di Kota Tangerang meskipun berada di bibir Ibu Kota Jakarta masih kental mengedepankan budaya leluhur Betawi. Masyarakat meminta eksistensi pelestarian budaya Betawi.

Sofian Hadi tokoh betawi asal Larangan, Kota Tangerang, menyebutkan, pihaknya dari Komunitas Seni Budaya Betawi (KSBB) tidak jarang mementaskan soal budaya harus dimasukan dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Tangerang.

“Soal pelestarian budaya Betawi seperti palang pintu, makanan khas dan tarian-tarian Betawi kami minta fasilitas untuk melestarikannya,” terang Sofian, ditemui penamerdeka.com, Minggu (5/8/2018) kemarin.

Sofian menambahkan, pihaknya meminta support dari Pemerintah Kota Tangerang supaya acara Lebaran Betawi bisa di eksis dilaksanakan.

Pasalnya, untuk wilayah Tangerang Selatan (Tangsel) sudah bisa menggelar acara Lebaran Betawi.

“Kota Tangerang Selatan saja yang baru beberapa tahun berdiri sudah bisa mengadakan Lebaran Betawi, tapi kita di Kota Tangerang sampai saat ini belum ada,” jelas Sofian.

Maka itu tandas Sofian, kami bersama teman terus mendorong Pemkot Tangerang dan DPRD Kota Tangerang membuatkan Perda soal pelestarian budaya Betawi.

Sementara Hartoto anggota DPRD Kota Tangerang dan Pembina KSBB Karang Tengah menegaskan, soal pelestarian seni Betawi di Kota Tangerang juga sudah menjamur.

“Jadi semua budaya yang ada kita rangkul, baik itu beksi, silat, sukun, kotek. Kita jadikan satu dalam wadah KSBB. Bukan hanya di Karang Tengah saja, tapi wilayah lain seperti Pinang, Ciledug, Larangan, dan Benda,” terang pria yang kerap disapa Bang Toing kepada penamerdeka.com, Senin (6/8/2018).

Toing menambahkan, KSBB kerap melaksanakan pagelaran budaya Betawi ini untuk menjaga kelestarian dan kearifan budaya lokal, sehingga jika nanti ada budaya negatif dari luar bisa ditangani.

“Misalnya kita punya UKM, ada makanan khusus yang jaman dulu itu ada, sehingga semua itu bisa dipertahankan dan tetap ada meskipun ada budaya modern yang sudah masuk,” jelasnya.

Di Kota Tangerang ini, dirinya juga mengutarakan bahwa budaya leluhur belum eksis, maka dari itu dirinya mendorong agar dibuatkan Peraturan Daerah Tentang Pelestarian Budaya Betawi.

“Saya sudah komunikasi dengan Pimpinan DPRD Kota Tangerang dan Dinas terkait agar menggodok Perda tentang Budaya Betawi,” ungkapnya.

Ia mengutarakan, bahwa tokoh masyarakat, Pemerintah Kota Tangerang belum melihat adanya budaya ini, maka dengan acara Milad Beksi Betawi, Pemertintah diharapkan bisa melihat lebih dalam.

“Saya sih pengennya mereka melihat bahwa disini ada budaya dan masyarakatnya sangat antusias. Makanya saya ingin mengajukan Perda Pelestarian Budaya Betawi ini, sehingga nanti kedepannya bisa menjadi ikon Kota Tangerang,” tandasnya. (aputra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...