Arief Tuding Sampah di Kali Cisadane dari TPA Cipeucang, DLH Kota Tangsel: Tidak 100%

0 245

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Sampah di Kali Cisadane di Kota Tangerang yang sempat menumpuk disebutkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel tidak 100% berasal dari TPA Cipecang.

Sebelumnya, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, sampah yang sempat menumpuk berada di Kali Cisadane yakni tepat di Jembatan, Tanah Gocap, Karawaci, Kota Tangerang, berasal dari TPA Cipecang.

Sementara menurut Kasi Pengelolaan Sampah DLH Kota Tangsel, Rastra Yudha, TPA Cipeucang memang berada di bantaran sungai. Dan ini, bisa jadi di Indonesia salah satu TPA yang berlokasi di pinggir sungai.

Apalagi kata dia, aliran di sepanjang Cisadane itu banyak melewati muara-muara kali lainnya dari beberapa wilayah lainnya. Contohnya, ada juga yang dari wilayah di Cisauk.

“Tapi tidak benar 100% sampah di Kali Cisadane Kota Tangerang berasal dari TPA Cipeucang Tangsel,” ungkapnya kepada penamerdeka.com, Jumat (23/8/2019).

Namun demikian, kemungkinan besar ketika musim penghujan atau musim kemarau, sampah terbawa angin ke sungai dan sehingga terbawa arus air.

Kondisi sampah di Kali Cisadane.

 

Tapi tahun ini 2019, Pemkot Tangsel melakukan antisipasi, yaitu dengan menggelar proyek pembuatan Sitpel tembok penahan atau turap.

“Sudah proses lelang. Insyaallah akhir tahun ini selesai,” ucapnya.

Dan saat Rastra Yudha mengaku pihaknya secara rutin menarik sampah-sampah yang ada di bibir Cisadane ke area tengah area TPA Cipecang dengan menggunakan ekskavator.

“Itu sudah rutinitas kita, menarik sampah yang berada di pinggir sungai. Minimal seminggu 3 kali,” tegasnya.

Ini merupakan upaya Pemkot Tangsel untuk antisipasi terjadinya sampah jatuh ke sungai. Sebab khawatir disangkakan sebagai penyebab dari pihak lain juga.

“Jadi mohon bersabar kepada para pihak manapun atau stakeholder yang terkait,” pungkas Rastra Yudha. (sg)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...