Ads Helmi Halim

Distanikan Bekasi Imbau Warga Jangan Buang Limbah Sisa Hewan Kurban Sembarangan

0 181

BEKASI,PenaMerdeka – Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanikan) Kota Bekasi mengimbau kepada seluruh warga agar membuang limbah hewan kurban sisa pemotongan hewan di lubang tanah dan tidak kesaluran air.

“Kami imbau jangan buang darah seperti isi perut sembarangan. Apalagi buangnya disaluran air. Tapi menimbunnya kedalam tanah agar tak mencemari lingkungan,” terang Satia Sriwijayanti, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Distanikan Kota Bekasi.

Menurutnya, limbah hewan kurban ini agar ditangani dengan baik sehingga tidak menimbulkan penyakit, dan juga jangan sampai cemari lingkungan.

“Jangan remehkan ini, isi perut tersebut sumber penyakit. Lebih bagus lagi itu dikirimkan ke tempat pengolahaan pupuk kompos serta pakan ternak,” anjurnya.

Satia menyatakan, kedalaman lubang juga harus sedemikian diperhatikan. Untuk sapi dengan se-berat 400 sampai 600 kilogram, kedalaman lubang itu menurutnya harus satu meter kubik.

Sedangkan untuk kambing ataupun domba, masyarakat menyiapkan lubang minimal sedalam 0,3 meter kubik untuk menimbun sisa pemotongan.

“Pokoknya wajib limbah hewan kurban ditimbun kedalam tanah. Jangan sampai buangnya ke saluran air karena hal itu bisa menimbulkan masalah baru,” tandasnya. (eres/ewwy)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...