Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Pengedar Uang Palsu Diringkus Polisi di Bekasi

73

BEKASI,PenaMerdeka – Polres Metro Bekasi Kota berhasil meringkus pengedar uang palsu. Penangkapan itu bermula saat seorang petugas kepolisian yang bernama Iptu Acep Wahyu melakukan penyamaran sebagai pembeli.

Setelah sepakat, penjual dan petugas kepolisian yang menyamar janjian untuk melakukan transaksi di Hotel Merdeka, Jalan Insinyur Juanda, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, pada Jum’at (07/9/2018) lalu sekitar pukul 15.00 WIB.

“Saat melakukan transaksi, kita langsung tangkap pengedar uang palsu itu,” terang AKBP Jairus Saragih, Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota, di Mapolres Metro Bekasi Kota.

Jairus mengatakan, kedua pelaku yang ditangkap yaitu bernama Udin Tajudin (40) dan Gondo Rekso (40). Keduanya ditangkap dilokasi oleh petugas kepolisian yang sebelumnya menyamar sebagai pembeli.

“Usai ada informasi dari warga kita pantau, dan lakukan segera lakukan penyamaran. Dilokasi langsung di ringkus. Dari tangan pelaku, kami menyita empat ikat uang pecahan Rp50 ribu yang besarnya sekitar Rp20 juta,” tuturnya.

Ia mengungkapkan dalam aksi kejahatan pelaku lakukan sudah terjual 20 ikat di wilayah Kabupaten Garut. Palaku menjual satu ikat sebesar Rp5 juta dengan harga Rp1,5 juta.

Apabila dilihat kasat mata, uang-uang itu terlihat asli. Namun, jika diteliti lebih jelas lagi dan saat diterawang tidak ada gambar transparan, ataupun benang pengamannya.

Jairus pun mengjimbau supaya warga lebih berhati-hati dan lebih teliti dalam menerima uang, khususnya pedagang.

“Hati-hati, periksa dulu. Lebih bagusnya kalau ada ultra violet ataupun alat pemeriksa, supaya lebih tenang dan mudah. Jangan mudah tergiur juga, kalau membeli dapat dipidanakan,” pungkas Jairus.

Atas perbuatannya, pelaku pengedar uang palsu dikenakan pasal 36 UU No 7 Tahun 2011 mata uang dan atau 245 KUHP dengan ancaman kurungan penjara selama 15 tahun. (eres/ewwy)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...