Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Berharap Satu Langkah Emas Timnas U-16 Lolos ke Piala Dunia U-17

77

KUALA LUMPUR,PenaMerdeka – Satu sejarah Timnas U-16 Indonesia di ajang Piala Asia 2018 sudah diukir pasukan besutan Fakhri Husaini, yakni satu-satunya wakil Asia Tenggara yang lolos ke babak fase gugur. Sekarang tinggal menatap Piala Dunia U-17 tahun 2019 mendatang.

Sudah pasti ‘langkah emas’, sebab sudah dinanti rakyat Indonesia meskipun harus menorehkan beberapa catatan. Sekarang, Timnas U-16 Indonesia lolos sebagai pemuncak klasemen Grup C Piala Asia U-16 2018 seusai bermain imbang tanpa gol melawan India di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis (27/9/2018) dan sebelumnya mengalahkan tim elit Asia, Iran, dan bermain imbang dengan Vietnam.

Dan kali ini pula lolos ke perempat final menjadi prestasi terbaik Indonesia sejak 1990. Jika berhasil memenangi laga perempat final, Garuda Asia – julukan Timnas U-16 Indonesia – akan memastikan tiket lolos ke Piala Dunia U-17 2019.

Piala Asia U-16 merupakan ajang kualifikasi Piala Dunia untuk kategori usia 17 tahun. Empat tim terbaik alias semifinalis akan otomatis menjadi wakil Asia di Piala Dunia.

Sejak Piala Dunia itu digelar pertama kali pada 1985, tiga penyelenggaraan pertama masih berformat U-16, Thailand menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang melangkah ke putaran final.

Timnas U-16 Indonesia punya kesempatan melangkah untuk mengikuti jejak Thailand itu, lolos ke Piala Dunia U-17. “Kepastian lolos dari fase grup ini barulah awal,” kata sang pelatih Fakhri Husaini, setelah pertandingan kontra India, Kamis (27/8/2018).

Mantan playmaker Timnas Indonesia era 1990 an itu belum mau berpikir terlalu jauh. Kami masih punya 90 menit waktu normal pertandingan lagi untuk dilalui.

Sebab menurutnya, Timnas U-16 Indonesia masih harus melakoni satu laga lagi untuk bisa lolos ke semifinal. Di perempat final nanti akan berhadapan dengan lawan yang lebih berat dari penyisihan grup yang sudah dilewati.

Sebagai juara grup C, Indonesia akan berhadapan dengan peringkat kedua Grup D. Korea Selatan, Australia, dan Irak adalah para calon lawan Garuda Asia di perempat final.

Tiga calon lawan Indonesia itu punya pengalaman tampil pada putaran final Piala Dunia U-17. Australia mencatat prestasi terbaik, pernah melangkah ke partai final pada 1999. (ari tagor)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...