Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Lakukan Pelantikan, Ini Rincian Penjelaaan Kemendagri Soal Kewenangan Plt dan Bupati Definitif

0 62

KABUPATEN BEKASI,PenaMerdeka – Menyusul tertangkapnya Bupati Bekasi oleh KPK, Kementrian Dalam Negeri melansir bahwa nantinya Plt Bupati mengantongi kewenangan sama untuk urusan perizinan.

Kecuali kata Dirjen Otda Kemendagri Soni Sumarsono kepada wartawan menyebut bahwa kewenangan jabatan Plt Bupati berbeda dengan Plt suatu Kepala Dinas.

Soni juga menegaskan, Plt Bupati mempunyai kewenangan yang sama dengan Bupati terutama tentang perombakan ASN, maka Plt Bupati wajib melakukan langkah koordinasi dengan Kemendagri secara tertulis.

“Siapa bilang Plt Kepala Daerah kewenangannya terbatas, hanya kalau melakukan perubahan personel (ASN-red), maka harus izin secara tertulis kepada Menteri Dalam Negeri,” kata Soni di gedung wibawa mukti, plaza Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, (17/10/2018).

Plt. Bupati lanjut Soni, mempunyai kewenangan penuh. Hanya saja, Plt Bupati tidak boleh melakukan kerjasama dengan pihak asing serta membuat kebijakan yang sifatnya berbau keuangan misalnya, untuk menjual aset hingga membuat perjanjian hutang tanpa izin tertulis kepada Mendagri.

“Untuk Plt Bupati, Pengendalian yang sifatnya strategis harus seizin Mendagri. Kewenangan dan fungsi yang lainnya sama dengan Bupati Definitif,” tandasnya.

Sementara terkait pelantikan posisi Plt menjadi Bupati, lanjutnya lagi, hal tersebut bergantung dari status hukum apabila kasus yang menjerat Neneng Hasanah Yasin telah berkekuatan hukum tetap (incraht-red).

“Dilantik pada saat posisi ibu Neneng (Bupati Nonaktif-red) sudah incraht. Ketika kita menerima surat incraht, maka Wakil Bupati langsung kita berhentikan,” imbuhnya.

Setelah Wakil Bupati diberhentikan lanjutnya lagi, kemudian DPRD Kabupaten Bekasi akan melakukan sidang Paripurna untuk mengesahkan pengangkatan Plt menjadi Bupati.

“Pada saat SK pemberhentian wakil bupati selesai, segera kemudian Paripurna DPRD untuk pengangkatan Plt menjadi Bupati secara definitif,” pungkasnya. (ers)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...