Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Bawaslu Kota Tangerang Minta Peserta Pemilu Cermat Berkampanye

0 42

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang mengimbau para peserta Pemilu untuk mentaati Peraturan KPU terkait pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK).

Pasalnya, menurut Ketua Bawaslu Kota Tangerang Agus Muslim, memasuki masa kampanye yang sudah berjalan dari tanggal 23 September 2018, masih banyak ditemukannya pelanggaran yang berkaitan dengan zona pemasangan APK yang bukan pada tempatnya.

“Kemarin saja kami sudah menertibkan sebanyak 505 berbagai jenis bahan kampanye di Kota Tangerang yang di pasang bukan pada zona pemasangan yang telah di tetapkan oleh KPU, tetapi kami sudah menegurnya melalui Panwaslu setempat,” kata Agus kepada penamerdeka.com usai acara penyerahan APK di kantor KPU Kota Tangerang, Jumat(26/10/2018).

Agus menjelaskan, bahan kampanye itu bukan hanya APK yang tempat pemasangannya sudah ditentukan oleh KPU saja.

Tetapi juga, semua benda atau bentuk lain yang disebar dengan tujuan yang sama fungsinya dengan APK, yaitu yang mengiterpretasikan dan mengajak orang untuk memilih peserta Pemilu tertentu.

“Artinya masih banyak bentuk lain seperti mug, stiker, atau bentuk lainnya yang di dalamnya memuat visi, misi, program atau informasi lainnya dari peserta Pemilu,” ucapnya.

Dan itupun dibagikan kepada masyarakat yang hadir saat peserta Pemilu mengadakan kampanye terbatas, tatap muka dan rapat umum, bukanya langsung dipasang di pohon atau tiang listrik.

Selain itu juga agus berujar, banyak peserta Pemilu belum paham dengan mekanisme pengajuan melaksanakan kampanye.

Ia melanjutkan, yang seharusnya Leason Officer (LO) atau tim pemenangan yang mengajukan ijin untuk kampanye kepada pihak Kepolisian dengan tembusan ke Bawaslu, tetapi peserta kampanye (orang yang mencalonkan diri) langsung mengajukan ijin ke Bawaslu.

“Pada saat awal-awal kampanye banyak ditemukan yang seperti itu. Tetapi, kami dari Bawaslu sudah memberikan pengarahan kepada peserta Pemilu, bahwa seharusnya para peserta mengajukan ijin ke Polisi terlebih dahulu dengan tembusan ke Bawaslu,” ujarnya.

Oleh karena itu, Agus menandaskan, para peserta Pemilu untuk dapat mempelajari mekanisme kampanye sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh KPU.

“Kami minta para peserta Pemilu untuk lebih cermat lagi dalam melaksanakan kampanye, dan meminimalisir pelanggaran-pelanggaran, agar Pemilu ini menjadi Pemilu yang berintegritas,” tandasnya. (hisyam/ari)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...