Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Cegah Banjir, DPU Tangsel Kejar Target Pembangunan Tandon

0 23

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Aries Kurniawan, Plt Dinas Pekerjaan Umum (DPUKota Tangerang Selatan (Tangsel) menyatakan, bahwa pihaknya terus mengejar target pembangunan tandon. Hal itu lantaran juga bisa sebagai penampungan air, destinasi wisata dan ruang terbuka hijau.

“Sampai saat ini target pembangunan tandon yang sudah dijalankan oleh kami adalah minimal 1 dalam 1 tahun, harapannya bisa lebih dari satu yang kita adakan dengan memanfaatkan tanah fasum fasos,” terang Aries kepada penamerdeka.com, Minggu (11/11/2018).

Ia menjelaskan, ada 31 blok banjir dan berada di 150 perumahan menurut data pada tahun 2012 lalu. Hingga kini, pihaknya menganalisa dengan tahapan pengkajian sehingga hal ini menjadi dasar pelaksanaan. Secara umum 9 blok banjir masih ditangani pada tahun ini.

“Salah satunya adalah Proyek pembangunan Tandon Nusa Loka yang telah memasuki tahap akhir pengerjaan crossing saluran dengan target pengerjaan kurang lebih 3 minggu lamanya,” cakapnya.

Dengan anggaran Rp 5,7 Miliar dari APBD, hal itu diharapkan memberikan penataan saluran air dan jalan yang dapat meminimalisir genangan akibat datangnya hujan.

Sementara ituz Aji Awan, Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Alam (SDA) menjelaskan, untuk teknis pengerjaan crossing jalan adalah mengganti box culvert lama ukuran sekitar 0,8 – 1 meter, diganti box culvert baru ukuran 2×2 meter sepanjang 24 meter selebar Jalan ciater. Dari arah Ciater ke Nusa Loka, Rawa Mekar Jaya ke Nusa Loka.

“Dengan box culvert yang terpasang saat ini kapasitasnya tak memadai untuk menampung debit air yg tinggi dari saluran pembuang perumahan Ciater Permai dan saluran drainase dari kelurahan Ciater,” tuturnya.

Firdaus, Kasi Air Baku dan Operasi Pemeliharaan SDA DPU Tangsel, menambahkan, proyek itu dinilai sangat penting lantaran berfungsi menahan air agar lebih lama dihulu dan bagaimana melebarkan saluran yang dihilir.

“Jangan sampai air lebih cepat ke sungai. Makanya dengan membuat cekungan di pembangunan Tandon Nusa Loka diharapkan bisa menahan volume air dari curah hujan,” pungkas Fisdaus. (Yok)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...