Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Pemkab Bekasi Dinilai ‘Alergi’ Soal Keterbukaan Informasi Publik

0 56

KABUPATEN BEKASI,PenaMerdeka – Kesadaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pada Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bekasi terhadap pentingnya keterbukaan informasi publik (KIP) dinilai masih sangat rendah.

Padahal, saat ini KPI merupakan hak warga negara untuk memperoleh informasi dari badan publik dan telah diatur melalui Undang-Undang No. 14 tahun 2008.

Selain masih rendahnya kesadaran SKPD terhadap sistem keterbukaan informasi publik, Pemkab Bekasi juga belum menyediakan informasi secara berkala bagi masyarakat.

Hal itu ditambah lagi dengan sulitnya masyarakat, lembaga ataupun jurnalis untuk meminta data sebagai bagian dari sosial kontrol. Itu terlihat dari banyaknya sengketa lantaran perangkat daerah yang terkesan enggan memberikan informasi data yang dimohonkan.

Agus W Nugroho, Komisioner Komisi Informasi Pusat mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan oleh Pemkab Bekasi adalah dengan membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

“Apabila PPID sudah terbentuk maka otomatis akan terlihat penanggung jawabnya. Ketika masyarakat melakukan akses informasi sudah seharusnya bisa,” terang Agus kepada penamerdeka.com, Selasa (13/11/2018).

Menurutnya, hal selanjutnya yang harus dilakukan PPID adalah dengan membuat Standar Operasional Prosedur (SOP), karena dengan SOP maka PPID akan mengkoordinasikan seluruh dokumen pada SKPD dengan mudah.

“Artinya bukan hanya sebagai pelengkap penderita, PPID harus dapat mengkoordinasikan seluruh dokumen yang ada di pemerintah daerah,” ungkapnya.

Agus menambahkan, jika PPID dan SOP sudah berjalan lanjutnya lagi, maka tugas PPID 50-60% sudah berjalan. Tugas selanjutnya bagi PPID adalah untuk mengumumkan dan menyediakan informasi.

“Karena jangan sampai ketika perangkat dan SOP sudah dimiliki, tapi tugas mengumumkan dan menyampaikan tidak dilakukan soal keterbukaan informasi publik,” tandasnya. (ers)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...