Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Kasus Suap Izin Meikarta, KPK Panggil Ketua DPC PDI-P Kabupaten Bekasi

0 158

KABUPATEN BEKASI,Penamerdeka – Buntut atas kasus suap izin proyek Meikarta di Kabupaten Bekasi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Ketua DPC PDI-P Kabupaten Bekasi, Soleman.

Pemanggilan KPK terkait keterangan sebagai saksi untuk tersangka mantan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemkab Bekasi Sahat MBj Nahor.

“Soleman dipanggil sebagai saksi untuk tersangka SMN mantan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemkab Bekasi,” ujar Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (15/11/2018).

Masih kata Febri, dalam penyidikan kasus perizinan proyek properti itu, seperti diketahui KPK masih mendalami soal proses pemberian rekomendasi perizinan dari masing-masing dinas di Pemkab Bekasi serta proses di Pemprov Jawa Barat.

“KPK juga terus menelusuri sumber uang suap terkait proyek Meikarta tersebut,” ungkapnya.

Selain itu lanjut Febri, dalam penyidikan kasus tersebut KPK juga menemukan adanya ketidaksesuaian keterangan dari para saksi. Bahkan, adanya indikasi backdate atau penanggalan mundur dalam sejumlah dokumen perizinan Meikarta, terkait sejumlah rekomendasi sebelum penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), perizinan lingkungan, pemadam kebakaran, dan lain-lain.

“KPK saat ini sudah mengantongi nama yang mengatur penanggalan mundur atau backdate perizinan,” tandasnya.

Untuk diketahui, pada tingkat penyidikan KPK telah memeriksa sekitar 69 orang saksi yang terdiri dari 17 orang pihak Pemkab Bekasi, 12 orang dari Pemprov Jabar dan 40 orang pihak Lippo Group. (ers)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...