Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

BPBD: 22 Kelurahan di Jaksel dan Jaktim Rawan Longsor

0 93

JAKARTA,PenaMerdeka – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan, terdapat 22 kelurahan di Jakarta Timur (Jaktim) dan Jakarta Selatan (Jaksel) rawan longsor.

Wilayah itu umumnya terdapat di bantaran Kali Ciliwung dan Pesanggarahan.

Jupan Royten, Kepala BPBD DKI Jakarta mengatakan, sejauh ini pihaknya terus berkordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

Seperti Dinas Bina Marga dan Dinas sumber Daya Air guna melakukan antisipasi longsor.

“Warga di bantaran kali sebaiknya waspada pada musim hujan saat ini. Segera laporkan jika ada potensi longsor ke kelurahan setempat atau call center kami 112,” terang Jupan, Rabu (28/11/2018).

Ia menjelaskan, berdasarkan data informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan bakal terjadi hingga Maret 2019 mendatang yang puncaknya akan terjadi pada Januari-Februari 2019.

“Kami menyarankan agar segera dilakukan normalisasi sungai-sungai dan saluran rawan jebol dan longsor serta mengembalikan fungsi saluran. Memperhatikan update peringatan yang disebarkan oleh Pusdalops,” tandasnya.

Sementara itu, Teguh Hendrawan, Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta menambahkan, menghadapi cuaca ekstrem, pihaknya sudah berupaya melakukan perbaikan pompa, pengerukan kali, pengerukan waduk, normalisasi kali/waduk, dan memperlebar tali-tali air.

Teguh berharap, tahun ini pembebasan lahan normalisasi waduk dan kali dapat selesai dilakukan, sehingga pada 2019 mendatang pihaknya dapat memanfaatkan lahan yang dibebaskan itu.

“Kalau tanggul yang rawan jebol waktu dekat ini sudah kami bronjong. Penangan banjir di Kemang, kami buat bronjong tiga lapis. Kami akan segera menertibkan bangunan pada sisi bantaran kali. Pemerintah setempat sedang menginventarisir yah,” tambah dia. (deden/uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...