Gerindra Ads

Ini Manfaat Membelai Bayi Dengan Lembut

0 166

INGGRIS,PenaMerdeka – Penelitian tim dari Universitas Oxford dan Liverpool John Moores University mengungkapkan, membelai bayi dengan lembut tak hanya membuat mereka hangat, tetapi hal itu mungkin memiliki efek penghilang rasa sakit.

Menurut penelit, seperti yang dilansir dari The Indian Express dalam laporan di BBC, membelai bayi bisa membantu membatasi aktivitas di otak yang sering dikaitkan dengan pengalaman menyakitkan.

Penelitian ini dilakukan dengan memeriksa aktivitas otak 32 bayi saat mereka menjalani tes darah. Hasilnya, bayi yang dibelai sebelum tes menunjukkan 40 persen lebih sedikit aktivitas rasa sakit di otak mereka.

“Sentuhan memiliki potensi analgesik tanpa risiko efek samping. Kecepatan membelai mengurangi rasa sakit yang optimal, studi menemukan, adalah sekitar 3cm (1in) per detik. Dan tampak kecepatan optimal dengan orangtua umumnya mengelus bayi mereka,” terang Rebeccah Slater, penulis studi di tim peneliti.

Apabila Anda dapat lebih memahami dasar-dasar neurobiologi teknik seperti pijat bayi, dinilai bisa meningkatkan nasihat yang kita berikan kepada orangtua tentang cara menghibur bayi mereka

Ketika bayi dibelai kecepatan tertentu, sekelompok neuron sensorik di kulit yang disebut C-taktil aferen diaktifkan. Mereka sudah dikaitkan dengan mengurangi rasa sakit pada orang dewasa di masa lalu.

“Terbukti yang menunjukkan bahwa aferen C-taktil dapat diaktifkan pada bayi dan lambat, sentuhan lembut bisa membangkitkan perubahan dalam aktivitas otak pada bayi,” tambah Profesor Slater yang juga peneliti. (PenaMer)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...