Gerindra Ads

Pemprov Banten Bakal Bentuk Badan Pengelola Kawasan Banten Lama

0 323

SERANG,PenaMerdeka – Andika Hazrumy, Wakil Gubernur Banten membahas point penting soal progress revitalisasi Kawasan Situs Kesultanan Banten Lama bersama Safrudin, Walikota Serang di ruang transit Pendopo Gubernur, KP3B, Curug, Kota Serang, Banten.

Andika menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terus merevitalisasi revitalisasi kawasan kesultanan banten di Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Selain penataan kawasan inti, Pemprov Banten bakal melakukan tiga tahapan. Pertama akan menyelesaikan pembangunan kawasan penunjang wisata Kesultanan Banten.

Kedua, membangun sinergitas antara Pemprov Banten dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang dan Ketiga terkait dengan pembentukan Badan Pengelola Kawasan Kesultanan Banten.

“Nanti kita bentuk Badan Pengelola Kawasan Banten Lama. Jangan sampai sudah dibangun, percantik tetapi tidak ada yang mengurus. Untuk itu kita akan koordinasi antara Pemrov Banten dengan Pemkot Serang,” terang Andika, Rabu (9/1/2019).

Wagub menyatakan, Wahidin Halim, Gubernur Banten mengingikan agar Badan Pengelola Kawasan Banten Lama ini selain dikelolah oleh Pemprov Banten dan Pemkot Serang juga melibatkan unsur lainnya seperti TNI, Polri dan Kenadziran.

Untuk pembentukan pengelolaan di serahkan kepada Pemkot Serang, diantaranya yaitu untuk pengelolaan kebersihan, pengelolaan lahan parkir, arus lalu lintas, ketertiban serta keamanan.

Sedangkan Pemprov Banten nantinya bakal fokus kepada revitalisasi tahap kedua, supaya pembangunan kawasan banten lama ini bisa segera selesai.

“Kita bersama pak Gubernur sudah statement ingin membantu Pemkot Serang untuk mengembangkan potensi pariwisata religi. Karena kami tidak mengharapkan kedepan Kota Serang menjadi kota statis,” tuturnya.

Wagub berharap, dengan dibentuknya badan pengelola ini bisa menjaga dan memelihara aset yang berada di kawasan wisata religi itu. Setelah selesai nanti Pemprov Banten akan menghibahkan kawasan ini kepada Pemkot Serang.

“Semoga dengan adanya pariwisata religii ini bisa juga membantu pendapatan Kota Serang juga,” pungkasnya. (ersya)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...