Kondisi Masjid Nurul Muhajirin Ciledug Indah Kota Tangerang Pasca Tanggulnya Digerus Air Kali Angke

0 508

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka –. Masjid Nurul Muhajirin, Perumahan Ciledug Indah I, Karang Tengah, Kota Tangerang yang berdiri tepat di bibir Sungai Ciangke mengalami kerusakan akibat pengikisan air.

Tanggul yang dibangun tepat di sisi masjid tersebut juga tak mampu menahan derasnya air Sungai saat debit air meningkat.

Andi Lukman (38) Penjaga Masjid Nurul Muhajirin menjelaskan, meluapnya air Kali Angke beberapa bulan lalu menyebabkan jebolnya tanggul sepanjang sepuluh meter.

Dari jebolnya tanggul tersebut, erosi pun terjadi pada tanah yang berada dibawah Masjid Nurul Muhajirin.

“Tanggulnya rusak sekitar sepuluh meter, bawahnya sudah berlubang karena terkikis air waktu banjir,” kata Andi kepada PenaMerdeka.com, Sabtu (12/1/2019).

Selain kerusakan pada tanggul, Andi mengatakan, pada bagian dalam Masjid yang posisinya tepat diatas tanggul juga mengalami erosi sehingga membentuk lubang yang cukup besar.

“Selain tanggul, dibagian dalam juga rusak mas, karena bawahnya sudah gerowong (berlubang), kita khawatir longsor saja,” ucapnya.

Melihat kejadian tersebut, Andi berujar, pengurus Masjid bersama warga Perumahan Ciledug Indah sudah mengumpulkan dana untuk melakukan perbaikan.

Hingga saat ini, Andi melanjutkan, kerusakan pada tanggul sudah diperbaiki, yang tersisa hanya lubang pada bagian dalam Masjid saja.

“Alhamdulillah mas kalau tanggul sudah beres, tinggal lubang yang di dalam saja, rencananya sih mau dibikin pondasi lagi. Dari Pemerintah Kota juga sudah datang kesini,” pungkasnya. (ari tagor)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...