Gerindra Ads

Sosialisasi Pemberantasan Pungli, Polda Banten Sebut Perlu Koordinasi Pusat dan Daerah

0 118

BANTEN,PenaMerdeka – Polda Banten menggelar sosialisasi Satgas Saber Pungli di lingkup wilayah kerja Provinsi Banten. Sosialisai pemberantasan pungli disebut penting lantaran untuk memaksimal pelayanan.

Menurut Kabid humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata, salah satu narasumber dalam acara sosialisas di Aula Setda Kabupaten Serang , Selasa (30/07/2019).

“Satgas pungli sangat perlu dibentuk dalam rangka optimalisasi pelayanan publik,” kata Edy Sumardi.

Dia melanjutkan, pelayanan publik diatur dalam Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009. Dan dimaksudkan untuk memberikan kepastian hukum dalam hubungan antara masyarakat dan penyelenggara dalam pelayanan publik.

“Dalam rangka pencegahan praktik pungutan liar diruang lingkup pemerintahan,” ucapnya.

Acara dihadiri juga Inspektur Provinsi Banten HB Kusmayadi Wakapolres Serang selaku Kasatgas Saber Pungli UPP Kabupaten Serang Kompol Agung Cahyono, Inspektur Pemkab serang, dan sejumlah OPD Kabupaten Serang.

Edy Sumardy juga menegaskan, dalam pelaksanaan pelayanan publik, marak terjadi praktek pungli pada seluruh sentra-sentra pelayanan publik di negeri.

“Sehingga pemerintah menilai pungli sudah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, bangsa dan negara,” ujarnya.

Untuk keberhasilan pelaksanaan tugas dan fungsi Satgas Saber Pungli, Edy Sumardi menekankan perlunya mengoptimalkan dan membangun koordinasi, komunikasi, dan konsultasi antar Satgas Saber Pungli di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.

“Perlu koordinasi antara pusat dan daerah. Provinsi dan tingkat kota dan kabupaten,” pungkasnya. (rs/ersya)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...