Kawasan Monas Bakal Disulap Jadi Sirkuit Balap

SAMBUT FORMULA E

Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula E 2020

JAKARTA,PenaMerdeka – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bakal menyulap kawasan Monas menjadi sirkuit balap untuk ajang gelaran formula E yang berlangsung pada 6 Juni 2020 mendatang.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, sirkuit balap yang dibangun memiliki kesamaan dengan sirkuit di Paris, Prancis.

Dimana, perhelatan ajang balap di sirkuit jalan raya saat ini tengah menjadi tren di kota-kota besar di dunia.

“Pak Alberto Longo (Chief Championship Officer Formula E) pernah bangun di Paris, tempatnya seperti ini tapi itu cagar budaya,” terang Anies saat mengumumkan peresmian Jakarta menjadi tuan rumah formula E 2020 di kawasan Monas, Jumat (20/9/2019).

Nantinya kata Anies, kawasan Monas akan dilapisi aspal yang bisa dibuka kembali tanpa harus membuat sirkuit permanen.

“Kalau di kita ini bukan cagar budaya, tapi intinya kita akan buat di sini. Jadi ditimpa plastik dulu lalu baru diaspal. Dengan begitu sewaktu-waktu bisa dibuka lagi,” katanya.

Anies menuturkan, selama pelaksanaan Formula E nanti bakal dipertimbangkan apakah ada penutupan jalan untuk memberikan kelancaran dari ajang tersebut.

Namun Anies enggan membuka secara pasti mengenai detail dari desain sirkuit yang akan digunakan pada 6 Juni 2020 mendatang. Dia menggaris bawahi, penyelenggaraan Formula E ini tidak terlalu banyak menganggu arus lalu lintas di sekitar kawasan Monas.

“Nanti diumumkan sekaligus apakah akan ada penutupan jalan atau tidak. Dari perhitungan kami, sampai hari ini InsyaAllah tidak akan menggangu lalu lintas,” tukasnya. (deden)

Disarankan
Click To Comments