HGN ads Bekasi

Mahasiswa dan SPI Banten Demo KP3B, Minta Perda Perlindungan Petani dan Nelayan

0 496

BANTEN,PenaMerdeka – Sejumlah perkumpulan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi dan universitas serta puluhan anggota Serikat Petani Indonesia (SPI) meminta DPRD dan Pemprov Banten segera membuat Peraturan Daerah (Perda) perlindungan petani dan nelayan.

“Aksi demo ini pas di momentum hari tani Nasional mas,” ucap Misrudin Sekretaris DPW SPI Banten kepada penaMerdeka usai aksi demo di depan halaman Gedung DPRD Provinsi Banten, Kota Serang, Selasa (24/9/2019).

Misrudin melanjutkan, mayoritas rakyat Indonesia adalah petani. Tetapi soal kepimilikan lahan selalu dekat dengan konflik kepentingan pemerintah.

Pembelaan kepada petani memang dirasa masih kurang. Lahan yang sebelumnya dikelola petani tetapi belakangan malah bergeser menjadi izin hak guna usaha (HGU) kepada pengusaha industri atau kepentingan properti.

Ketua DPRD Banten bersama Sekda Pemprov Banten serta perwakilan BPN saat menemui aksi demo di KP3B, Selasa (24/9/2019).

 

Sekarang yang sedang kami dampingi untuk masyarakat yang belum memiliki hak reforma agraria ada di wilayah Cibaliung, Pandeglang. Lalu ada di Cigemblong, Kabupaten Lebak, serta sejumlah tempat di Kabupaten Serang.

“Wilayah ini (tanah-tanah, red) sama sekali belum masuk objek reforma agraria. Seharusnya sudah diberikan kepada masyarakat untuk dikelola menjadi lahan tani. Ini kan sudah amanat UU Agraria untuk diberikan kepada petani,” tukas Misrudin.

Apalagi ada sejumlah masyarakat di Banten yang sebelumnya sudah mengelola lahan hingga sekarang diusir untuk kepentingan yang diklaim Perhutani.

Kemudian masih terkait pembelaan petani kami juga meminta soal Perda Agrobisnis. Jangan sampai hilirisasi hasil tani dikelola bukan untuk kepentingan para petani di Banten.

“Kami meminta BPN, Pemprov dan DPRD supaya segera menyelesaikan permasalahan ini,” pungkasnya.

Selain meminta Perda Perlindungan Petani dan Nelayan, Mahasiswa dan SPI Banten juga menuntut percepatan Reforma Agraria, Tolak RUU Pertanyaan, tolak RKUHP dan pertegas titik koordinat PLP2B di Banten.

Dalam kesempatan aksi, mahasiswa dan petani sempat bertemu Andra Soni Ketua Sementara DPRD Banten, Al Muktabar Sekda Pemprov Banten yang didampingi Kepala Sekwan DPRD Banten Deni Hermawan serta perwakilan BPN. (rd)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE