HGN ads Bekasi

Uji Coba Penghapusan One Way di Jalur Puncak, Polres Bogor Rekrut 27 Polingga

0 206

BOGOR,PenaMerdeka – Polres Bogor merekrut sebanyak 27 warga menjadi polisi lingkungan warga (Polingga). Langkah ini dilakukan membantu 150 personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor mengurai kemacetan saat uji coba sistem 2-1 atau rekayasa lalu lintas di Jalur Puncak, Bogor, Minggu (27/10/2019) besok.

Kepala Satlantas Polres Bogor, AKP M Fadli Amri mengatakan, sebanyak 27 personel Polingga direkrut oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor untuk membantu kepolisian saat uji coba rekayasa lalu lintas dua kendaraan naik ke atas dan satu kendaraan turun ke bawah (2-1) pada pagi hingga siang hari, begitupun sebaliknya pada sore hari.

“Mereka sudah dibina dan diberikan materi dasar tentang pengaturan lalu lintas. Pada prinsipnya Polingga ini untuk membantu tugas Satlantas, pemerintah (Dishub) dalam mengatur lalu lintas yang didukung langsung para pengusaha hotel dan restoran di kawasan Puncak,” tutur M Fadli.

Fadli mengungkapkan, dukungan dari para pengusaha hotel dan restoran berupa perekrutan warga Puncak untuk dijadikan Polingga ini secara tak langsung menciptakan lapangan kerja.

“Para Polingga ini untuk sementara dalam tahap uji coba ini sebanyak 27-30 personel. Sebab jika dirasa perlu nanti kita akan tambah lagi dengan membentuk personel Polingga baru sambil menggandeng pemerintah daerah,” ungkapnya.

Menurut Fadli, untuk titik dimana saja yang dibutuhkan personel Polingga di jalur Puncak ini hingga saat ini masih dalam perumusan.

“Yang jelas mereka akan bergabung dengan petugas Satlantas Polres Bogor dititik-titik kemacetan (persimpangan), sifatnya membantu atau kepanjangan tangan tugas-tugas kita mulai dari membantu menyeberang orang dan kendaraan,” ujarnya.

Terkait persiapan pada H-2 menjelang diberlakukannya sistem kanalisasi 2-1 pada Minggu, 27 Oktober 2019 mendatang, Fadli menuturkan, hingga saat ini sudah siap 100%.

“Peralatan maupun personelnya dari berbagai instansi akan dikerahkan pada Minggu pagi. Total personel gabungannya dengan instansi terkait masih perlu dikordinasikan lagi. Insya Allah sudah siap, tinggal nanti bagaimana pelaksanaan di lapangan,” tukasnya. (ew)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE