Jalur Transjakarta Bakal Dipasangi Kamera Pengawas

PELANGGAR SIAP-SIAP KENA TILANG

0 213

JAKARTA,PenaMerdeka – Pengendara di Ibu Kota yang menerobos jalur Transjakarta bersiap-siap dikirimi surat tilang. Meski tak ada petugas yang menilang, kamera pengawas merekam setiap pengendara yang membandel.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya hari ini meluncurkan sistem e-TLE atau tilang elektronik di jalur Transjakarta hari ini, Kamis (5/12/2019) kemarin. PMJ menyebut Dua kamera sudah aktif beroperasi memantau kendaraan di Jakarta.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, e-TLE menjadi solusi untuk mensterilkan jalur Transjakarta. Diharapkan dengan adanya tilang elektronik tak ada lagi pengendara yang masuk jalur khusus itu.

“Jadi sistem e-TLE ini adalah kerja sama kami dengan pihak pemerintah DKI Jakarta dan PT. Transjakarta sebagai pengelola. Sementara baru terpasang dua kamera di Jalan Sudirman dan Thamrin,” ujarnya di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jum’at (6/11/2019).

Gatot menjelaskan, kamera ini nantinya akan mendeteksi kendaraan lain, selain bus TransJakarta. Kendaraan selain milik Transjakarta akan ditilang dengan mendeteksi nomor kendaraan.

Sistem akan memberitahu ke operator NTMC Polri jika ada pengendara yang melanggar. Nantinya, operator bisa langsung menghubungi petugas di lokasi untuk melakukan penindakan atas pelanggaran tersebut.

Gatot mengatakan, kamera tersebut nantinya akan ditambah untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berlalu lintas. Gatot juga mengimbau kepada masyarakat untuk taat berlalu lintas dan menciptakan keselamatan di jalan raya.

“Dengan begini kita berharap, agar lebih mendorong peralihan pengguna kendaraan pribadi ke kendaraan umum,” tambahnya. (jo/deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...