Mengintip Spesifikasi Bus Jawara Kota Tangerang

0 461

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang meluncurkan empat unit bus pariwisata, yang diberi nama Bus Jawara Kota Tangerang. Kendaraan ini siap mengantar warga pelisiran warga menuju wisata yang ada di Kota Tangerang.

Bus bermesin Hino yang memiliki nama panjang Jalan-jalan Wisata Rakyat Tangerang ini dapat menjelajahi tempat wisata mulai dari taman-taman dan juga land mark di Kota Akhlakul Karimah.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan bus Jawara ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk keliling kota dan tidak dipungut biaya.

“Silakan kalau mau jalan-jalan naik Jawara-nya Kota Tangerang. Ini adalah komitmen Pemkot untuk mewujudkan kota layak dikunjungi,” terang Arief.

Arief menuturkan, dengan adanya bus wisata tersebut, diharapkan bisa meningkatkan daya tarik masyarakat serta wisatawan yang ingin berlibur di Kota Tangerang.

“Semoga dengan beroperasinya bus pariwisata bisa meningkatkan kunjungan dan jumlah wisatawan yang memanfaatkan hari liburnya dengan berwisata di Kota Tangerang,” imbuhnya.

Bus Jawara ini merupakan hibah dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Konsep bus ini mengambil ciri khas Kota Tangerang yang mendapat anggaran untuk merancang dari CSR yaitu Bank BJB dengan kisaran Rp70 juta per satu bus. Saat ini, Bus Jawara ada empat.

Bus Jawara Kota Tangerang untuk berkeliling wisata di Kota Tangerang.

Jika melihat bagian mesin, Bus Jawara menggunakan mesin Hino RK8 tahun 2010 yang ditenagai mesin Diesel 6 silinder berkode J08E-UF dengan kapasitas 7684cc dilengkapi turbo intercooler.

Mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 260ps dan torsi maksimal 750nm.

Hino RK8 R260 pada Bus Jawara ini mengantongi spesifikasi masih Euro II. Hino RK8 unggul disini karena teknologi lebih konvensional. Walau sudah Euro II namun lebih adaptif dan lebih awet dalam penggunaan filter bahan bakar.

Dengan mesin seperti ini membuat Bus Jawara sangat bertenaga dijalan lurus ataupun dimedan yang terjal.

Bicara masalah kenyamanan, Bus Jawara dengan model Hino RK8 dipercaya untuk memberikan kenyamanan pada penumpang. Tak sedikit pula banyak perusahaan otobus mengandalkan kenyamanan dari Hino RK8.

Menggunakan kopling Singel Dry Plate, With Coil Spring Bus Jawara memiliki kapasitas oli mesin 12,7 liter dengan jarak sumbu roda 6000mm.

Menengok bagian lebar jejak depan, Bus Jawara ini memiliki FR Tr 2040mm dan lebar jejak belakang RR Tr 1840mm jalur depan FPH 2200mm jalur belakang ROH 3070mm.

Ban dan velg 10.00-20-14PR dan 20X7.00T-162 type Integral Power Steering dengan radius putar 9.2. Rem utama Full Air with Two Circuit, untuk rem parkir Spring Brake dan rem mesin With On Exhaust Pipe GVWR 12,2ton serta tangki solar berisi 279 liter

Bus Jawara berukuran besar ini memiliki kapasitas 32 kursi. Apabila sekilas memang bus terlihat biasa saja. Namun kalau melirik ke belakang, bagian kaca dan pintu bus berwarna merah ini dibiarkan terbuka.

Jumlah untuk bagian penumpang terbagi menjadi dua. Kabin tertutup (bagian depan) ada fasilitas pendingin (AC) dan bagian belakang bus yang terbuka tanpa kaca.

Jika masyarakat ingin menggunakan bus ini, bisa datang ke Pusat Informasi Pariwisata Kota Tangerang di Jalan M Yamin dekat dengan Taman Laksa.

Rute bus dimulai dari Pusat Informasi Pariwisata – Taman Gajah – Kampung Bekelir – Jalan Otista – KS Tubun – Jembatan Berendeng – Taman Pramuka – Pusat Pemerintahan Kota Tangerang – Taman Burung Jalan M Yamin. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...