Menteri Nadiem Sebut Kompetensi Murid Tidak Bisa Meningkat Tanpa Guru Berkompeten

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim menerapkan konsep “Merdeka Belajar” dalam pendidikan Indonesia. Ia berpendapat, kebijakan itu akan mendorong kompetensi murid ke depan.

“Jadi Merdeka Belajar itu untuk meningkatkan kompetensi murid,” ujar Nadiem di Kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (13/12).

Namun menurutnya, untuk bisa meningkatkan kompetensi murid, harus dibarengi dengan peningkatan kompetensi guru. Sebab, katanya, kompetensi murid tidak akan meningkat jika guru kurang berkompeten.

“Tanpa meningkatkan kompetensi guru, kebijakan itu tidak optimal. Tentunya yang terpenting peningkatan kapasitas guru,” jelasnya

Guna meningkatkan kompetensi guru, Nadiem mengeluarkan kebijakan penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelelajaran (RPP). Kebijakan itu diwujudkan dengan perampingan 13 kompetensi RPP menjadi 3 Kompetensi RPP.

“Guru Setiap kali membuat suatu kelas pelajaran, itu harus menciptakan RPP. Dulu karena ada 13 komponen di dalam itu, itu bisa sampai 20 halaman bayangkan untuk menulis ini. kita Sederhanakan saja menjadi 1 halaman. boleh lebih dari satu halaman silakan, tapi cukup satu halaman jadi komponennya kita jadikan 3. Ini dilakukan demi meningkatkan kompetensi guru,” imbuhnya. (jo/deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...