KPU Kabupaten Serang Sebut Partisipasi Rendah di Pilbub

0 327

SERANG,PenaMerdeka – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang menyebutkan Pemilihan Bupati (Pilbup) Serang 2015-2020 partisipasi sangatlah rendah. Bahkan, Kabupaten Serang menduduki posisi ke-3 se-Indonesia, dalam kurangnya partisipasi Pilbub Serang.

Untuk itu, KPu mulai menjalin kerjasama dengan seluruh element lapisan masyarakat maupun Instansi pemerintah.

Kerjasama itu diantaranya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Kemenag, Lembaga Swasdaya Masyarakat (LSM), Partai Politik (Parpol), dan terakhir adalah Organisasi Mahasiswa.

“Hari ini adalah dalam rangka memperbaiki partisipasi pada Pilbub 2015 silam. Makanya, perlu di persiapkan dari sekarang, agar 2020 tinggal action dan finishing,” kata Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar usai penandatanganan Mou Nota Kesepahaman, di Hotel Lasemar, Jalan Raya Sumur Pecung, Kota Serang, Selasa(31/12/2019).

Abidin mengatakan, dalam kesuksesan Pilbub 2020, bukan hanya semata-mata tanggungjawab KPU, tetapi membutuhkan dorongan maupun bantuan dari berbagai element lapisan masyarakat.

“Jadi semuanya memiliki tanggung jawab, dan harus ada rasa kebersamaan. Karena dalam meningkatkan partisipasi pemilih, membutuhkan ke kompakan bersama,” jelasnya dengan nada datar.

Kemudian, Abidin juga menjelaskan, bahwa isi dari Mou Nota Kesepahaman adalah menyamakan sebuah program. Salah satunya, Dindikbud Kabupaten Serang akan ikutserta dalam verifikasi ijazah calon maupun meningkatkan partisipasi pemula. “Karena kita memiliki target 80 persen, dalam partisipasi Pilbub 2020,” jelas Abidin.

Diketahui, pada Pilbup Serang pada tahun 2015, partisipasi hanyalah 52 persen. Sedangkan Pilgub Banten di tahun 2017 mencapai 78 persen, dan terakhir Pilpres maupun Pileg di 2018, meningkat hingga 82 persen.

Meski demikian, beberapa program KPU Kabupaten Serang dalam meningkatkan partisipasi pemilih telah disiapkan. Mulai dari door to door. Dan keliling kampung di setiap RT maupun RW. Hingga sosialisasi melibatkan PPK dan PPS. (Aden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...