Tinjau Pintu Air Manggarai, Menko PMK Imbau Petugas Tetap Siaga

JAKARTA,PenaMerdeka – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis (2/1/2020) sore.

Muhadjir datang bersama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Doni Monardo, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kepada awak media Muhadjir mengatakan, petugas di jajaran Pemprov DKI Jakarta harus tetap siaga. Sebab menurutnya, kemungkinan cuaca ekstrem masih bisa terjadi beberapa waktu ke depan.

“Sekarang ini, harus lebih disiapkan. Persiapan untuk mengantisipasi cuaca dan hujan ekstrem. Jadi semua saya harap untuk tetap siaga,” kata Muhadjir.

Hari ini Muhadjir meninjau beberapa lokasi terdampak banjir. Dalam peninjauan Pintu Air Manggarai, ia berharap sarana dan prasarana siap mengantisipasi banjir.

“Kita tidak ingin sih kejadian hujan ekstrem seperti yang terjadi kemarin, tapi kan kita tidak boleh memandang remeh. Apalagi dengan kemarau yang panjang ini biasanya jugaa diikuti dengan curah hujan yang sangat ekstrim,” ungkapnya.

Ia juga berpesan kepada korban banjir agar mengikuti arahan dari petugas evakuasi. Menurutnya, dalam kondisi banjir seperti saat ini, sebaiknya warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Ia tak ingin nantinya masyarakat malah terkena wabah penyakit lantaran menolak untuk dievakuasi.

“Jangan keberatan dengan dalih tertentu untuk tidak mendapatkan penanganan dengan baik, apa pun alasannya, karena semua yang dilakukan pemerintah itu demi kebaikan mereka yang bersangkutan. Penyakit yang diakibatkan banjir,” imbuhnya.  (jo/deden)

Disarankan
Click To Comments