Bareskrim Polri Siap Luncurkan CCTV Pendeteksi DPO

Bareskrim polri

JAKARTA,PenaMerdeka – Bareskrim Polri sedang mempersiapkan aplikasi Closed Circuit Television (CCTV) pendeteksi wajah Daftar Pencarian Orang (DPO) kasus kriminal termasuk juga terorisme. Aplikasi ini akan digabungkan dengan data penduduk dan data para kejahatan yang dimiliki oleh kepolisian.

Kepala Bareskrim Mabes Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto mengatakan, bahwa pihaknya masih terus untuk menggodok aplikasi tersebut. Di negara lain seperti China dan lainnya, sudah menerapkan sistem aplikasi ini yang dipadukan ke dalam kamera pemantau atau CCTV.

“Jadi jika wajah mereka (DPO) dan terekam CCTV, maka akan bunyi sebuah alarm. Karena CCTV bisa menangkap wajah orang itu dan akan keluar profilenya. Ini sangat jelas untuk memudahkan polisi dalam bekerja,” tutur Ari di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta Pusat.

Sebagai pilot project, CCTV tersebut siap akan ditempatkan di Gedung Bareskrim. Kemudian siap akan dipasang di sejumlah tempat umum seperti bandara, pelabuhan, terminal dan tempat-tempat yang disusupi para DPO.

Ari menegaskan akan lebih mudah mengenali dan melakukan penangkapan kepada DPO apabila aplikasi ini akan terwujud. “Semua catatan kriminal akan langsung terpapar dalam software tersebut,” jelas Bareskrim Porli. (redaksi)

Disarankan
Click To Comments