Pemkab Bekasi ads HPN 2020

Harga Cabai di Kota Tangerang Naik 100 Persen

0 138

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2020 mendatang, harga komoditas cabai di Kota Tangerang mengalami kenaikan yang signifikan hingga menyentuh angka 100 persen.

Kenaikan tersebut lantaran tingginya permintaan, namun minimnya pasokan hasil panen yang juga terkendala musim penghujan hingga banjir di daerah prosuden.

Salah satu pedagang cabai di Pasar Anyar Kota Tangerang, Wawan mengatakan, untuk menyiasati agar tidak merugi, para pedagang memilih menjual secara eceran dengan harga Rp5 ribu untuk 15 sampai dengan 20 butir cabai.

“Engga terlalu mahal aja sih, Rp5 ribu. ini ada 15 biji cabe rawit merah, pembeli mah mengeluh. Parah lemes jadinya dagang,” terang Wawan saat dijumpai penamerdeka.com di Pasar Anyar, Jalan Ahmad Yani, Kota Tangerang, Selasa (21/1/2020).

Ia menjelaskan, kenaikan harga komoditas cabai mengalami kenaikan secara bertahap. Terjadi sejak masuknya musim penghujan pada awal tahun 2020 kemarin. Dimana, kenaikan tersebut terjadi secara menyeluruh.

“Untuk cabai merah besar sekarang saya jual seharga Rp80 ribu sampai Rp85 ribu per kilogram. Ya naik 100 persen dari harga normal. Yaitu Rp40 ribu per kilogram,” jelasnya.

Kata Wawan, kenaikan serupa juga terjadi pada komoditas cabai rawit merah. Begitu pula cabai merah keriting. Kini dijual dengan harga Rp70 ribu sampai Rp80 ribu dari harga normal Rp35 ribu per kilogram.

“Untuk stok cabai sendiri kami, para pedagang kesulitan mencarinya. Namun, pemermintaan masih tinggi juga ini menjelang Imlek. Saya juga meminta pemerintah segera mengambil langkah untuk menstabilkan harga,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu pembeli, Selviana menambahkan, kenaikan cabai itu sangat memberatkan. Bahkan, dirinya terpaksa harus merogoh kocek untuk belanja.

“Keberatan lah masa sekali nyambel Rp20 ribu, buat bumbu buat masak buat nyambel, mahal nih Rp20 ribu nyambel doang belom yang laen. Uang belanja nambah aturan Rp100 ribu bisa semua ini 30 rebu buat cabenya aja. Gampang dicari cabemah duitnya yang susah,” tambah Selviana. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disperkimta Tangsel Ads
Disarankan
Loading...